Menko PMK: Upacara HUT ke-79 RI Digelar di IKN dan Istana Jakarta

10 June 2024 - 17:30 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan pelaksanaan Upacara HUT Ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, dan di Istana Kepresidenan Jakarta.

"Iya, sebagian di IKN, sebagian di sini," ungkap Menko Muhadjir, Senin (10/6/24).

Ia menyebut pelaksanaan upacara di IKN dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan didampingi presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sejumlah tamu negara yang rencananya diundang hadir ke IKN, di antaranya sejumlah duta besar negara sahabat.

"Duta besar juga nanti di IKN dan tidak menginap, jadi langsung upacara terus balik," ujar Menko Muhadjir.

Sedangkan Upacara HUT K-79 RI di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, dipimpin oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan didampingi wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming.

Dalam rapat tersebut, Menko Muhadjir mengatakan Presiden Jokowi mengusulkan agar undangan kepada sejumlah tokoh nasional, seperti mantan presiden dan wakil presiden diberikan perhatian khusus.

"Itu tadi masih diusulkan, Pak Presiden merekomendasikan pokoknya tokoh-tokoh dapat perhatian, apakah di sini atau di IKN," ujar Menko Muhadjir.

Terkait kebutuhan akomodasi, Menko Muhadjir menyebut persiapan Bandara IKN, menurut laporan Kementerian Perhubungan, telah mencapai 90 persen rampung.

"Akomodasi insha Allah sudah siap. Karena nanti bandara kepastiannya akhir Juli, akan dipastikan fungsionalnya bandara. Jalan tol juga insya Allah sudah aman, tapi nunggu sampai akhir Juli," ujar Menko Muhadjir.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment