Menko PMK Tekankan Pentingnya Edukasi Mitigasi Bencana Terhadap Masyarakat

20 May 2023 - 11:00 WIB
Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menekankan pentingnya edukasi terkait dengan mitigasi bencana guna meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap kebencanaan.

"Pemerintah daerah perlu terus meningkatkan sosialisasi dan edukasi mengenai pentingnya mitigasi bencana," ujar Menko Muhadjir dalam keterangan di Jakarta, Jumat (19/5/2023).

Baca Juga: Polisi Tetapkan Tersangka Pelaku Palak Sopir di Bogor

Menurut Menko Muhadjir, langkah mitigasi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan bencana menjadi hal penting guna mendukung program pengurangan risiko bencana.

"Seluruh pihak, termasuk masyarakat, perlu meningkatkan kesiapsiagaan dengan sungguh-sungguh dan terukur, agar dapat mengurangi risiko akibat bencana yang terjadi," jelas Menko Muhadjir.

Maka itu, Menko Muhadjir melihat langkah kesiapsiagaan juga perlu disesuaikan dengan kondisi kerentanan bencana di masing-masing wilayah.

"Langkah kesiapsiagaan terhadap kemungkinan bencana perlu dilakukan secara spesifik berdasarkan wilayah dan potensi bencana yang akan terjadi," ujar Menko Muhadjir.

Misalkan, di wilayah yang rawan longsor maka edukasi mengenai mitigasi bencana longsor serta sosialisasi mengenai jalur-jalur evakuasi saat terjadi longsor perlu menjadi agenda prioritas yang harus dilakukan.

"Dengan demikian, sosialisasi dan edukasi mengenai mitigasi bencana yang diberikan dapat lebih tepat sasaran dan tertanam di benak masyarakat," jelas Menko Muhadjir.

(ndt/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment