Menkes: Pemerintah Terus Tingkatkan Layanan RS di Seluruh Daerah

6 September 2024 - 14:30 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah terus berupaya meningkatkan layanan kesehatan rumah sakit milik pemerintah di seluruh kabupaten/kota, terutama dalam pelayanan dasar penyakit jantung, stroke, dan kanker.

"Harapannya rumah sakit milik pemerintah yang tersebar di 514 kabupaten/kota semakin bagus layanannya, paling tidak sudah bisa melayani kemoterapi pasien kanker, kateterisasi atau pasang ring jantung, dan layanan stroke," ungkap Menkes, Jumat (6/9/24).

Menkes menyebutkan, gangguan jantung merupakan salah satu penyebab tertinggi kematian di Indonesia, selain stroke, kanker, dan hipertensi.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 3.2 Guncang Wilayah Keerom, Papua

"Sementara rumah sakit yang bisa melayani bedah jantung terpadu sangat terbatas. Ini yang terus ditingkatkan dan ditambah, termasuk tenaga medisnya," ujar Menkes.

Salah satu yang dilakukan Kemenkes adalah membangun rumah sakit di Surabaya, Jawa Timur. Pembangunan rumah sakit ini menelan biaya hingga Rp2 triliun dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (6/9/24).

Gedung RS Kemenkes di Surabaya ini juga nantinya tidak hanya melayani masyarakat di sekitar Jawa Timur, namun juga menjadi hub wilayah Indonesia bagian timur.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment