Menag Pastikan Kesiapan Petugas Kesehatan 24 Jam untuk Jemaah Haji

10 May 2024 - 16:15 WIB
Source Foto: RRI

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Kementerian Agama RI bersama Kementerian Kesehatan RI memastikan, kesiapan petugas-petugas kesehatan untuk jemaah calon haji 2024, khususnya para lanjut usia (Lansia). Sebab, para petugas itu akan bertugas 24 jam dalam melayani jemaah.

“Jangan khawatir, Kemenag sudah menyiapkan para petugas dengan Kemenkes (Kementerian Kesehatan) yang akan terus melayani jemaah 24 jam. Jemaah jangan ragu menyampaikan hal apa pun kepada para petugas untuk bisa membantu jemaah,” ujar Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas melalui siaran pers, Kamis (9/5/24).

Baca Juga: Polda Papua Gelar Patroli dan Sosialisasi di Tempat Hiburan Malam di Kota Jayapura

Menag Yaqut mengatakan, cuaca atau suhu panas di Arab Saudi yang mencapai 40-50 derajat celcius bisa mengganggu kesehatan jemaah. Para jemaah calon haji, khususnya para Lansia, diminta menjaga kesehatan.

“Cuaca sangat panas, hari ini 40 derajat, ini belum puncak. Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi menyampaikan, suhu di Arab Saudi pada puncak haji bisa mencapai 48-50 derajat,” pinta Menag Yaqut.

Menag Yaqut juga menekankan, penting bagi jemaah menjaga kondisi fisik yang prima. "Minta jemaah haji menyiapkan fisik sebaik-baiknya, haji ini ibadah fisik, siapkan fisik terbaik, jangan terlalu diforsir. Makan makanan bergizi, vitamin, ini akan membantu jemaah dalam menjaga stamina,” tambah Menag Yaqut.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment