Melalui Pokdarwis, Kemenparekraf Nilai Masyarakat Dapat Terlibat Pengelolaan Wisata

8 August 2024 - 18:00 WIB
Kemenparekraf

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), menilai masyarakat dapat terlibat dalam mengelola destinasi wisata. Sehingga masyarakat dapat ikut merasakan manfaat yang positif.

“Jadi masyarakat harus bisa merasakan berkah dari sektor pariwisata, kami melihat bahwa investasi wisata itu tinggal di destinasi. Maka kita bisa ajak masyarakat dengan kelompok sadar wisata (Pokdarwis),” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., dilansir dari laman RRI, Rabu (07/08/24).

Baca Juga: [HOAKS] Ahok Bagi-Bagi Uang Rp10 Juta dengan Share Video Tiktoknya

Dalam keterangannya, ia mengungkapkan keterlibatan masyarakat ini dapat dihadirkan dengan mengusulkan desa wisata kepada kepala daerah. Sehingga desa yang diajukan dapat menjadi destinasi wisata berupa desa wisata.

“Maka kunjungan wisata tak hanya berdampak pada pemilik hotel dan restoran. Tetapi bermanfaat kepada pengelola desa termasuk masyarakat umum,” ujarnya.

Sementara itu, Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf, Nia Niscaya, mengungkapkan pihaknya mendukung pengembangan desa wisata lewat pelatihan. Selain itu, dapat memasarkannya ke pasar e-commerce hingga melatih SDM.

“Kemudian bagaimana pengelolaan homestay. Lalu SDM dilatih tentang keramahtamahan (hospitality),” tutupnya.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment