Makna Baju Adat Presiden Jokowi di Upacara HUT Ke-78 RI

17 August 2023 - 21:30 WIB
Sumber : tempo.co

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Saat memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana selalu mengenakan pakaian atau baju adat setiap tahunnya.

Baca Juga : HUT RI Ke-78, Presiden Jokowi: Indonesia Mampu Lalui Beragam Tantangan dan Cobaan

Dilansir dari Tempo.co, Presiden Jokowi terlihat mengenakan baju adat daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng dalam upacara HUT Ke-78 RI di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, hari ini Kamis (17/8/23).

Pakaian adat yang digunakan adalah jenis Ageman, baju adat Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Keraton Surakarta Hadiningrat yang dipakai pada upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di Istana Negara, Kamis, 17 Agustus 2023. Perancang busana Anne Avantie menilai pakaian adat tersebut memberikan kesan pemimpin yang welas asih.

Jenis ini dipakai oleh para raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji. Enggar Eggar soho Tedhak Loji adalah sebuah acara di mana raja keluar dari keraton menaiki kereta kuda dan dikawal perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi masyarakat.

“Bapak Negara kita adalah pemersatu bangsa. Baju adat yang beliau kenakan merupakan Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Surakarta, memberi pesan kesan pemimpin yang welas asih,” ungkap Anne.

Presiden pun menyampaikan harapannya untuk peringatan HUT ke-78 kemerdekaan RI kali ini. Menurut Presiden, Indonesia harus terus menjadi bangsa yang kuat untuk kedepannya.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment