Lemkapi Apresiasi Polri-TNI terkait Pengamanan Paus Fransiskus ke Indonesia

7 September 2024 - 10:30 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi) Edi Hasibuan mengapresiasi Polri dan TNI yang mampu mengamankan kunjungan Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus selama kunjungan ke Jakarta pada 3-6 September 2024.

"Kunjungan kenegaraan Paus Fransiskus ke Jakarta berjalan aman dan kondusif. Pengamanan VVIP kunjungan Kepala Negara Vatikan itu banyak juga dipuji dunia internasional," ujar Direktur Edi, Jumat (6/9/24).

Ia melihat adanya sinergi dan koordinasi antaraparat keamanan di lapangan dalam mengelola keamanan baik saat di lokasi acara maupun jalan-jalan yang dilewati.

"Walau sempat ada buka tutup jalan karena ada rekayasa lalu lintas yang dilakukan Polda Metro Jaya, secara umum tidak ada kegiatan masyarakat yang terganggu," ujar Direktur Edi.

Ia menilai masyarakat bergembira atas kehadiran Paus Fransiskus pada 2024 setelah selama 35 tahun tidak ada kunjungan ke Indonesia.

Diketahui, untuk mengamankan kunjungan Paus Fransiskus, TNI dan Polri mengerahkan 9.030 personel gabungan. Dari jumlah itu, 4.300 di antaranya merupakan prajurit TNI, sedangkan personel Polri sebanyak 4.730 orang.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment