KTT ASEAN ke-43 Jakarta Fokus Isu Pertumbuhan Ekonomi hingga Konflik Kawasan

2 September 2023 - 22:15 WIB
Foto: cnnindonesia

Tribratanews.tribratanews.com – Jakarta. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta pada 5-7 September bakal berfokus pada isu-isu pertumbuhan ekonomi. Sejumlah konflik kawasan juga bakal dibahas.

"Fokusnya di ekonomi, pada pertumbuhan, ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi," ujar Presiden Joko di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Jumat (1/9/23).

Presiden Jokowi menyebut pertemuan puncak ini harus menyentuh masyarakat. Karenanya, akan ada sejumlah pertemuan terkait kerja sama ekonomi yang diharapkan menghasilkan stabilitas ekonomi.

Baca Juga:  Hari Jadi Polwan Ke-75, Kapolda Riau Ingatkan Pentingnya Peran Polwan dalam Terwujudnya Stabilitas Keamanan

"Sejak awal saya sampaikan bahwa ASEAN ini tidak hanya berbicara tinggi-tinggi, tetapi betul-betul bisa ada manfaatnya ke bawah ke masyarakat," jelasnya, dikutip cnnindonesia.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Dra. Retno Lestari Priansari Marsudi, LL.M., menjelaskan KTT ke-43 ASEAN kali ini memang ditujukan untuk menguatkan posisi Asia Tenggara sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dunia.

Ia mengungkap bakal ada pertemuan ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) yang dikepalai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid.

(rz/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment