Korbrimob Polri Terima Kunjungan Komite Palang Merah Internasional

7 June 2024 - 12:00 WIB
mediahub

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Bertempat di Markas Komando Korbrimob Polri, Wakil Komandan Korbrimob Polri Irjen Pol. Ramdani Hidayat, menerima kunjungan dari The International Committee of the Red Cross (ICRC)/Komite Palang Merah Internasional,Kamis (6/5/24).

Adapun perwakilan pihak ICRC yang hadir yakni Johan Guillaume sebagai Wakil Kepala Delegasi Regional Palang Merah (ICRC) untuk Indonesia dan Timor-Leste didampingi Manager Program kerja sama dengan Kepolisian RI Delegasi Regional ICRC untuk Indonesia dan Timor-Leste Namira Puspandari.

Pada kesempatan ini, mewakili Dankorbrimob Polri Komjen Pol Imam Widodo, Wadankorbrimob Polri Irjen Pol Ramdani Hidayat, menyampaikan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Wakil Kepala Delegasi Regional ICRC di Mako Korbrimob Polri.

“Kerja sama ICRC dan Polri telah berlangsung sejak tahun 2000, di mana ICRC telah memberikan lokakarya dan sesi pelatihan kepada Perwira dan Personel Polri tentang topik terkait penggunaan kekuatan yang mengacu pada Standar Pemolisian Internasional serta tema-tema lainnya perlu dijalin kembali untuk memberikan pemahaman kepada para Personel Korbrimob Polri,” ujarnya.

Baca Juga: Lagi Viral Video Asusila Ibu ke Anak, Polisi: Sudah Ditangkap

“Selain itu, agar Personel Korbrimob Polri tidak ragu-ragu dalam bertindak dalam konteks operasi penegakkan hukum serta dalam melaksanakan tugas yang berkaitan dengan tugas pokok Kepolisian,” tambahnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Wadankorbrimob Polri berharap pertemuan ini dapat mempererat hubungan dan kerja sama antara Korps Brimob Polri dengan The International Committee of the Red Cross (ICRC).

Sementara itu, Johan Guillaume menyampaikan bahwa ICRC sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1945, kemudian pada tahun 1978 ICRC memiliki Delegasi permanen di Jakarta. Kemudian ICRC melihat Indonesia memiliki potensi penting untuk memainkan perannya dalam kancah Internasional.

“Peranan penting dari jajaran Polri, khususnya Korps Brimob memiliki tugas yang berat dan menantang sehingga penting bagi ICRC untuk melakukan kegiatan bersama,” ujarnya.

“Tetapi perlu ditekankan bahwa kami bukan mau mengajarkan melainkan berbagi pengetahuan dan pengalaman karena kami melihat bahwa Korps Brimob memiliki kemampuan yang luar biasa,” tambahnya.

Turut hadir langsung dalam pertemuan tersebut, Danpas Pelopor Brigjen Pol Waris Agono, Danpas Gegana Brigjen Pol Reza Arief Dewanto, serta Pejabat Utama Korbrimob Polri kemudian dalam kunjungannya ke Mako Korbrimob Polri perwakilan dari ICRC berkesempatan menyaksikan tayangan Company Profile Korps Brimob Polri serta penyerahan Cinderamata dan diakhiri dengan sesi Foto Bersama.

Sebagai informasi, Komite Internasional Palang Merah merupakan organisasi netral dan mandiri yang bertujuan untuk menjamin perlindungan dan bantuan kemanusiaan bagi korban konflik bersenjata dan situasi kekerasan lain.

(mz/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment