Kominfo Panggil Perwakilan Medsos X untuk Bahas Penanganan Judi Online

28 February 2024 - 22:00 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen Aptika Kemenkominfo) Semuel Abrijani Pangerapan telah memanggil perwakilan platform media sosial X untuk hadir di Indonesia.

Tim perwakilan X itu bakal dikonfirmasi terkait penanganan judi online. 

"Mereka sedang cari waktu untuk datang (ke Indonesia), ini sudah direspons lewat email kami. Tapi karena mereka kantor utamanya ada di Singapura jadi masih cari waktu. Mereka bilang akan datang ke Indonesia," ujar Dirjen Semuel, Rabu (28/2/24). 

Baca Juga: Satgas Pangan Polda Sumsel Sidak Sejumlah Agen dan Pabrik Beras

Kominfo pun meminta X untuk menyiapkan teknologi atau algoritma khusus yang di kemudian hari bisa mendeteksi adanya iklan bermuatan konten promosi judi online.

Dengan demikian nantinya apabila iklan serupa muncul, maka Kementerian Kominfo tidak perlu berulang kali memberikan notifikasi secara manual untuk memutus atau meniadakan akses ke konten terkait.

"Kan biasanya konsep yang digunakan notice to take down, kami menotice mereka untuk take down, tapi kalau berulang kali kan capek, maka dari itu kami minta mereka kembangkan sehingga kalau ditemukan konten serupa kami tidak perlu meminta mereka lagi tapi secara otomatis ditangani kontennya," jelas Dirjen Semuel.

(ndt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment