Kemhub Sediakan 480 Unit Minibus di Aceh, Optimistis PON 2024 Lancar

6 September 2024 - 08:30 WIB

Tribratanews.tribratanews.com - Banda Aceh, 5 September 2024 – Penjabat Gubernur Aceh Safrizal ZA mengapresiasi dukungan Kementerian Perhubungan (Kemhub) yang menyediakan 480 unit minibus untuk mendukung kelancaran mobilitas dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Ratusan minibus tersebut telah didistribusikan langsung kepada cabang olahraga (cabor) dan kontingen yang akan berpartisipasi dalam ajang bergengsi ini.

"Terima kasih kepada Kementerian Perhubungan atas bantuan yang sangat bermanfaat ini. Sebelumnya kami sudah menerima hotel terapung dari KM Kelud, dan hari ini kami menerima kendaraan operasional. Bantuan ini akan sangat membantu operasional PB PON dan cabang olahraga yang berpartisipasi," ujar Safrizal, Kamis (5/9/2024).

Menurut Safrizal, ketersediaan minibus ini sangat penting untuk mendukung mobilitas atlet, official, dan seluruh kebutuhan operasional selama PON XXI berlangsung. Dengan dukungan transportasi yang memadai, Safrizal optimistis acara olahraga terbesar di Indonesia ini akan berlangsung lebih lancar dan sukses.

"Bantuan ini sangat representatif dan benar-benar sesuai dengan kebutuhan transportasi selama penyelenggaraan PON XXI. Kami yakin, ini akan berkontribusi besar terhadap kelancaran dan kesuksesan seluruh rangkaian acara," tambahnya.

Acara seremonial serah terima minibus tersebut berlangsung khidmat, ditandai dengan pemasangan pin PON oleh Safrizal kepada Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Sesditjen) Kemenhub RI Amirulloh. Pemasangan pin yang diambil langsung dari rompi Pj. Gubernur Aceh itu menjadi simbol sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam menyukseskan PON XXI.

Selain minibus, Kemhub sebelumnya juga telah memberikan kontribusi berupa kapal KM Kelud yang difungsikan sebagai hotel terapung untuk akomodasi para peserta dan pengunjung di PON XXI. Dukungan tersebut menjadi salah satu faktor penting dalam memastikan ketersediaan fasilitas yang memadai selama ajang olahraga ini.

Safrizal menegaskan, PON XXI merupakan ajang olahraga yang bukan hanya milik Aceh dan Sumut, tetapi seluruh Indonesia. Oleh karena itu, sinergi dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat, menjadi kunci utama keberhasilan acara ini. "Kami sangat menghargai dukungan yang telah diberikan oleh Kemhub. Ini menunjukkan bahwa PON XXI adalah kebanggaan kita bersama, dan suksesnya acara ini adalah sukses bagi seluruh bangsa," tutup Safrizal.

Dengan tersedianya ratusan minibus dan berbagai dukungan lainnya, PON XXI di Aceh dan Sumut diharapkan dapat berlangsung dengan lancar, aman, dan menjadi ajang yang membanggakan bagi seluruh peserta dan masyarakat Indonesia.

(ta/hn/nm) 

Share this post

Sign in to leave a comment