Kementerian Perhubungan Mengajak Semua Pihak Perkuat Ekosistem Logistik Nasional

7 September 2024 - 20:00 WIB
RRI

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Kemenhub (Kementerian Perhubungan), ajak semua pihak memperkuat ekosistem logistik nasional.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub, Dr. Hartanto, M.H., M.Mar.E., mengatakan, untuk itu, pihaknya telah mengeluarkan berbagai produk regulasi.

“Kita sebagai regulator mengorkestrasikan supaya regulasi-regulasi yang menjadi produk. Kami mampu menjadikan proses bisnis di dunia logistik bisa ditunjang atau aplikatif,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, dilansir dari laman RRI, Sabtu (7/9/24).

Dalam kesempatannya ia menekankan, peran utama dari Kemenhub adalah menghubungkan wilayah-wilayah di Indonesia terkait ekosistem. Dalam mewujudkannya, katanya, dibutuhkan sarana dan prasarana, serta kerja sama dengan stakeholder yang berkaitan dengan ekosistem logistik nasional. 

“Jelasnya sampai saat ini kita terus berupaya bekerja sama secara baik dengan stakeholder yang ada. Kita coba berkoordinasi dan berkomunikasi, dan tanpa koordinasi tidak ada ekosistem logistik nasional yang output-nya bisa diterima masyarakat”., jelasnya.

Sementara itu, CEO Pertamina International Shipping, Yoki Firnandi, menyambut baik ajakan Kemenhub tersebut. Bahkan, pihaknya telah mengangkut 160 miliar liter energi ke seluruh wilayah Indonesia pada 2023. 

Ia menekankan, hal tersebut tidak terlepas dari berbagai tantangan. Tantangan yang biasa mereka temui seperti kondisi cuaca, sumber daya manusia, hingga keselamatan.

“Tapi tantangan itu sampai saat ini bisa dihadapi dengan baik karena indikatornya, dalam energi tidak boleh ada istilah kelangkaan," jelasnya.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment