Kemenlu RI: Tiga Negara Ingin Menjadi Mitra ASEAN

9 May 2023 - 08:55 WIB
rri.co.id

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Direktur Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI Sidharto Suryodipuro mengatakan, ada tiga negara ingin menjadi mitra ASEAN. Tahun ini tercatat tiga negara ingin menjadi mitra ASEAN yakni Arab Saudi, Panama, dan Spanyol.

"Setiap tahun ada negara lain yang ingin menjadi pihak pada Traktat tersebut dengan menandatangani instrumen aksesi. Tadi para senior membahas kesiapan negara lain yang akan aksesi di tahun ini, yang sudah siap itu Arab Saudi, Panama dan Spanyol," ungkap Sidharto, pada Senin (8/5/23).

Baca Juga: Voli Putra Indonesia Raih Mendali Emas SEA Games 2023

Indonesia akan mengkoordinir kesiapan penandatanganan perjanjian tersebut. "Indonesia sebagai ketua sedang mengkordinasikan dengan mereka kesiapan ketiga negara menandatangani Traktat pada tahun ini," jelasnya seperti dikutip dari rri.co.id Selasa (9/5/23).

Sementara, terkait keanggotaan Timor-Leste, kata Sidharto, telah dibahas peta jalan yang memuat unsur penting. Seperti instrumen hukum, skema kontribusi finansial, dan penguatan kapasitas Aparatur Sipil Negara Timor Leste, dalam rangka mempersiapkan negara tersebut menuju partisipasi penuh di ASEAN.

Pembahasan prioritas Indonesia dan kepentingan bersama ASEAN, akan lanjut dibahas pada pertemuan tingkat menteri luar negeri. Sebelum kemudian dibahas pada KTT Ke-42 ASEAN 2023. 

(rz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment