Kemenkes: KTT ASEAN Punya Peran Penting Wujudkan Ketahanan Dunia Kesehatan

6 September 2023 - 11:30 WIB
Dok. RRI

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Kementerian Kesehatan RI menegaskan, penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 Jakarta memiliki peran penting dalam mewujudkan ketahanan dunia kesehatan. Terlebih, Indonesia saat ini menjadi Keketuaan ASEAN.

"ASEAN ini, Indonesia dalam hal keketuaannya bagaimana kepentingan negara-negara ASEAN tetap jadi prioritas ya pada pembicaraan KTT ini. Secara tentunya regional, kemudian yang kedua adalah ASEAN sebagai episentrum jadi kita adalah menjadi pusat ya," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi seperti dikutip dari RRI, Rabu (6/9/23).
Baca Juga: Jamuan Gala Diner KTT ASEAN 2023, Polisi Siapkan Empat Jalur Alternatif Mengitari GBK

Ia mengungkapkan, belum lama ini seluruh menkes dan menkeu negara-negara ASEAN melakukan pertemuan. Pertemuan tersebut membahas persoalan kesehatan dan penguatan investasi.

"Salah satu yang dibicarakan adalah bagaimana adanya ASEAN Pandemi Fun. Kemudian yang kita lakukan, adalah upaya-upaya cara bekerja sama karena di dalam KTT ini," ungkap Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes .

Kemudian, Nadia menegaskan, kegiatan ASEAN yang berkaitan dengan kesehatan sukses dilakukan. Seperti, ASEAN Investment Forum yang dilakukan oleh ASEAN Bisnis Inventory Consul.

"Di mana salah satunya adalah bagaimana inisiatif kita ya untuk mempersiapkan pandemi ke depan. Setidaknya ada yang kita harus perkuat seperti misalnya peralatan, diagnosis, kemudian vaksin, surveilan, dan terakhir adanya pendanaan," tutupnya

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment