Kemenkes Ingatkan Pentingnya Imunisasi Anak

17 August 2024 - 15:30 WIB
Dokumentasi Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan dr. Prima Yosephine, M.K.M mengemukakan pentingnya anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) mendapatkan imunisasi pada Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). 

“Mungkin masyarakat banyak yang bertanya untuk apa sih diimunisasi terus, kan kasusnya sudah nggak ada," jelasnya dikutip dari Antara, Jumat (16/8/24).

Ia mengingatkan, masyarakat harus memiliki pemahaman pentingnya imunisasi. Kegunaannya sendiri untuk mencegah penyakit-penyakit, seperti campak dan rubella.

Lebih lanjut ia menjelaskan, imunisasi yang akan diberikan saat BIAS dibagi menjadi dua, yakni imunisasi HPV yang dikhususkan untuk siswa SD kelas 5 dan 6 serta penguat (booster) untuk penyakit campak, rubella dan difteri pada anak kelas 1, 2 dan 5 SD. Imunisasi untuk pencegahan campak, rubella dan difteri memang merupakan pengulangan dari yang telah didapatkan anak saat masih di bawah usia 2 tahun.

“Jadi anak kalau nggak ikut BIAS, walau imunisasinya dulu lengkap, dia nggak terlindungi lagi saat di umur itu sehingga perlu diberikan lagi," ungkapnya.

(ndt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment