Kapolri Beserta Panglima TNI dan Menteri Cek Pelabuhan Ciwandan

11 April 2023 - 09:10 WIB
Dok. Polri

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., melakukan pengecekan langsung ke Pelabuhan Ciwandan, Banten, bersama Menko PMK Muhajir Effendy, Menhub Budi Karya Sumadi dan Panglima TNI Laksamana TNI H. Yudo Margono, S.E., M.M., C.S.F.A.

Diketahui, Pelabuhan Ciwandan merupakan pelabuhan tambahan yang nantinya akan dioperasikan untuk kendaraan roda dua dan angkutan barang saat arus mudik lebaran 2023. Sedangkan untuk di Sumatera juga sudah disediakan pelabuhan tambahan yakni pelabuhan Panjang untuk membantu pelabuhan Bakauheni agar arus penyeberangan tidak tersendat karena antrian di dermaga.

Baca Juga:  Polri Gandeng Media dan Influencer Sosialisasikan Seputar Mudik

Kapolri mengatakan tahun ini diprediksi terjadi peningkatan terhadap jumlah pemudik. Oleh karena itu persiapan-persiapan pengamanan sudah dilakukan pada jauh sebelum pelaksanaan mudik ini bersama para stakeholder terkait.

“Setelah kita lakukan pengecekan bersama tadi, alhamdulillah sudah ada penambahan kapasitas rest area dan kapasitas tempat parkir, dan pengaturan langsung antara pelabuhan Ciwandan dan pelabuhan Merak, ini bisa bermanfaat mengurangi beban terhadap resiko penumpukan yang terjadi,” jelas Kapolri, Senin (10/4/23).

Lebih lanjut, Kapolri meminta terkait penggunaan pelabuhan Ciwandan agar ini betul-betul disosialisasikan dari awal kepada masyarakat pemudik, persiapkan personel lebih baik dan rambu-rambunya, sehingga masyarakat yang belum tahu ini bisa tahu dan tidak menjadi hambatan.

Usai melakukan pengecekan di pelabuhan Ciwandan, rombongan juga melakukan pengecekan ke pelabuhan Merak, Banten.

(fa/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment