Kapolda Tekankan Sinergitas TNI-Polri Sangat Penting di Jateng

31 May 2022 - 15:09 WIB

Tribratanews.tribratanews.com - Kapolda Jateng Irjen. Pol. Ahmad Luthfi menghadiri apel Komandan Satuan di Yonkav 2/Turangga Ceta, Ambarawa Kabupaten Semarang yang digelar Kodam IV/Diponegoro sebagai pemateri, Senin (30/5/22).

Kapolda mengungkapkan sinergitas antara TNI dan Polri harus terus terjalin kuat di Jawa Tengah. Sebab, Jateng merupakan central gravity di tingkat nasional. Apapun terjadi di Jawa Tengah sering menjadi contoh bagi wilayah lain.

"Sinergitas ini amat penting untuk sejumlah aspek penting dan itu sudah terbukti serta teruji. Sinergitas TNI-Polri menjadi perwujudan kehadiran negara di tengah masyarakat," jelas Kapolda.

Kapolda menyampaikan pentingnya sinergitas TNI-Polri untuk menjaga iklim investasi dan kemajuan ekonomi di Jawa Tengah. Sebab para investor dan pelaku usaha, membutuhkan kepastian hukum serta jaminan keamanan dalam menjalankan usaha. "Kepastian hukum dan jaminan situasi Kamtibmas yang sejuk, hanya bisa diberikan oleh TNI-Polri yang solid," jelasnya.

Irjen. Pol. Ahmad Luthfi menerangkan di Jateng sejumlah proyek strategis nasional dibangun pemerintah untuk mengatrol perkembangan ekonomi masyarakat.

Oleh sebab itu peran TNI-Polri, memastikan proyek tersebut berjalan lancar dan masyarakat dapat merasakan manfaat nyata dari dibangunnya proyek-proyek strategis tersebut.

"Peran TNI-Polri amat terlihat dalam penanganan Pandemi Covid. Kami menjadi ujung tombak ketika pandemi covid di Jateng berada pada level tertinggi. Ujung tombak kontijensi penanganan covid di Kudus adalah TNI-Polri yang dibantu stakeholder terkait," terang Kapolda.

Jenderal Bintang Dua tersebut juga mengatakan bahwa Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang bersentuhan langsung dengan masyarakat sangat penting di tengah situasi pandemi. Hal ini dilakukan saat lenerapan kontijensi penanganan covid di Kudus beberapa waktu lalu.

"Mulai penjemputan hingga pengiriman warga yang terpapar ke isoter sampai pengawasan warga yang isoman, peran TNI-Polri terutama lewat bhabinkamtibmas dan Babinsa sangat besar," jelas Kapolda.

Kekompakan TNI-Polri yang didukung instansi terkait, dalam penanganan pandemi covid di Kudus menjadi percontohan tingkat nasional. Hal ini mendapatkan apresiasi dari masyarakat. "Apresiasi tidak hanya datang dari masyarakat, namun juga dari Presiden, Panglima TNI, Kapolri hingga menteri kesehatan," jelas Kapolda.

Selain itu, percepatan vaksinasi, merupakan kerja luar biasa dari sinegitas TNI Polri. Sebab TNI Polri telah melakukan vaksinasi pada ratusan juta orang. "Polda, Kodam dan satuan TNI terus bahu membahu agar target vaksinasi tercapai. Kegiatan vaksinasi dilakukan tanpa henti, siang dan malam," terang Kapolda.

Irjen. Pol. Ahmad Luthfi menambahkan bahwa penyebaran covid di Indonesia terus melandai dikarenakan penerapan proses dan suksesnya program vaksinasi. Hal ini berkat dukungan dan sinergitas semua pihak. "Penanganan pandemi covid di Indonesia mendapat apresiasi WHO dan dunia," jelas Kapolda.

Share this post

Sign in to leave a comment