Kapolda Sumsel Resmikan Pemakaian Masjid Al-Aman Pakri, Palembang

29 December 2024 - 08:01 WIB

www.tribratanews.com – Palembang. Kapolda Sumsel, Irjen. Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H., didampingi Wakapolda Sumsel, Brigjen. Pol. Rudi Setiawan, S.I.K., S.H., M.H., melaksanakan peresmian Pemakaian Masjid Al-Aman Pakri, Komplek Pakri Palembang, Selasa (28/12/2021).

Kapolda Sumsel mengucapkan terimakasih kepada Para Donatur, segala pihak yang terlibat dalam pembangunan Masjid Al-Aman, semoga membawa barokah dan menjadi ladang amal nantinya.

Kapolda Sumsel mengharapkan, kegiatan di masjid bukan saja diisi kegiatan rutinitas seperti sholat lima waktu, majelis taklim, hadroh dan lain sebagainya, namun dapat dijadikan sarana tempat pelaksanaan Akad nikah guna membesarkan Syiar Agama Islam.

Sementara itu, menurut Ketua Pelaksana Pembangunan Masjid Al-Aman Pakri, Karo SDM Polda Sumsel, Kombes. Pol. Ucu Kuspryadi, S.I.K., M.H., M.Si., menjelaskan, Masjid Al-Aman Komplek Pakri, merupakan masjid kebanggaan keluarga besar Polri Polda Sumsel, khususnya warga Catur Cakti yang dibangun pada tahun 1985 sampai dengan 1987 dan diresmikan oleh Kapolda Sumbagsel saat itu, Mayor Jenderal Polisi Drs. Sidarto, S.H., pada tanggal 22 Mei 1987.

Masjid ini berdiri di atas tanah Komplek Perumahan anggota Angkatan Bersenjata Republik Indonesia dan dibangun secara gotong royong. Pengerjaannya dilakukan sendiri secara swadaya oleh warga Catur Cakti Polda Sumbagsel selama kurang lebih 2 tahun dengan daya tampung jamaah sekitar 200 orang, namun sejalan kondisi masjid yang semakin tua dan kapasitas jamaah yang semakin bertambah, pada tahun 2021, Kapolda Sumsel saat itu dijabat oleh Irjen. Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri S, M.M., merencanakan untuk merenovasi masjid Al-Aman.

Pada Bulan Januari 2021, Irjen. Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri S, M.M., memutuskan untuk membangun ulang Masjid Al-Aman Pakri. Masjid Al-Aman dibangun pada lahan seluas 360 meter persegi yang terletak tidak jauh dari masjid terdahulu. Maka pada tanggal 4 Maret 2024 dilaksakan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al Aman Pakri oleh Bapak Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Setelah tongkat kepemimpinan diserahkan kepada Kapolda sumsel saat ini, Irjen. Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H., pembangunan masjid Al-Aman Pakri kembali dilanjutkan pada Agustus 2021. Alhamdulillah di akhir tahun 2024 masjid Al-Aman Pakri selesai pengerjaan nya secara total dan diserahterimakan dari pihak pengembang kepada Polda Sumsel.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes. Pol. Drs. Supriadi, M.M., menegaskan, Masjid Al-Aman Pakri Selain digunakan sebagai tempat shotal juga digunakan untuk berbagai kegiatan lainnya. Kapolda Sumsel melalui Commander Wish selalu berupaya untuk memakmurkan masjid dengan kegiatan-kegiatan seperti :
- Sholat berjamaah tepat waktu
- Khotmil alquran dan Pengajian anggota
- Kegiatan marawis dan Hadro
- serta Pengajian Ibu-Ibu.

Upaya-upaya dalam memakmurkan masjid rupanya didukung banyak pihak mulai dari Ulama, masyarakat komplek pakri dan masyarakat luas serta personel Polda Sumsel sendiri dikarenakan kegiatan-kegiatan tersebut secara tidak langsung mampu menjadi kesempatan mencari pahala dan bersilaturahminya umat Islam dari berbagai kalangan.

Dengan dibangunnya Masjid Al-Aman Pakri ini diharapkan, semakin bermanfaat banyak bagi masyarakat tidak hanya sekadar rumah ibadah dan monumental, namun dapat pula memiliki arti yang besar di hati setiap masyarakat yang berkunjung dan beribadah di Masjid Al-Aman ini.

(fa/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment