Kapolda Sulut Silaturahmi dengan Uskup Manado

20 December 2020 - 14:02 WIB
  www.tribratanews.com. Perayaan Natal kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia, membuat perayaan Natal disesuaikan dengan kondisi yang ada.


Kapolda Sulut, Irjen. Pol. Drs. R.Z. Panca Putra Simanjuntak, M.Si. didampingi pejabat utama mengunjungi Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC, Jumat (18/12/2020).


“Kami mengajak Uskup dan seluruh umat, mari bersama-sama kita mendukung program pemerintah dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19,” ungkap Kapolda.


Terkait pelaksanaan misa perayaan Natal dan menyambut Tahun Baru, Kapolda Sulut turut memberikan saran. Antara lain pembatasan jumlah umat saat ibadah di gereja, serta penambahan jadwal pelaksanaan misa.


“Mungkin bisa diberlakukan 1/5 dari jumlah umat. Misalnya, jika jumlah umat 500 orang, maka hanya 100 umat yang bisa hadir,” saran Kapolda.


Kapolda juga menyarankan, untuk menambah jadwal misa misalnya menjadi lima kali, dan setiap pergantian jadwal misa dilakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan gereja. Pihak gereja juga bisa tetap menyiarkan ibadah secara online.


“Sehingga bagi umat yang berusia lanjut dan anak-anak tetap bisa mengikuti misa dari rumah masing-masing,” tambah Kapolda.


Kemudian Kapolda mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban dalam perayaan Natal dan Tahun Baru, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Tidak perlu mengadakan open house, kumpul-kumpul, juga tidak konvoi di jalan saat malam Natal maupun menyambut pergantian tahun nanti.


“Termasuk tidak mengadakan pesta kembang api atau petasan yang bisa membuat berkumpulnya masyarakat,” tutup Kapolda.


(rj/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment