Kapolda Papua Gelar Penandatanganan NPHD Rekrutmen Ribuan Bintara Polri 2024

4 June 2024 - 22:30 WIB
antaranews

Tribratanews.tribratanews.com - Jayapura. Kapolda Papua, Irjen. Pol. Mathius Derek Fakhiri, S.I.K., M.H. dan Penjabat Gubernur Papua Tengah Apolo Safanpo, menandatangani naskah hibah daerah (NPHD) dalam rangka rekrutmen ribuan Bintara Polri 2024. Selasa (4/6/24)

Irjen. Pol. Mathius Derek Fakhiri mengungkapkan bahwa Mabes Polri menyetujui untuk merekrut Bintara Polri di Polda Papua sebanyak 10.000 orang hingga tahun 2028, karena itu akan dilakukan evaluasi untuk kesiapan polda baru di tiga daerah otonomi baru (DOB) yang rencananya tahun 2025 mulai dimekarkan.

“Saya berharap rekrutmen sebanyak 4.000 bintara di tahun 2024 dan 2025 dapat menambah pemenuhan daftar susunan personel (dsp) Polda Papua untuk pembentukan tiga polda baru, yang tentunya ini akan berdampak pada percepatan pemekaran polda,” ungkap Kapolda Papua, Irjen. Pol. Mathius Derek Fakhiri

Kapolda Papua itu juga menyampaikan untuk rekrutmen bintara baru diutamakan orang asli papua (OAP), keluarga besar TNI-Polri, pemerintah, kelahiran papua dan kerabat Polri serta menekankan bahwa Polda Papua adalah institusi vertikal yang tidak tunduk pada MRP atau DPRP.

“Saya harapkan tahun 2028 tidak ada lagi yang minta pindah keluar Tanah Papua karena kita sudah mulai dari sekarang menerapkan pola rekruitmen OAP dengan kriteria yang sudah ditentukan,” jelas Kapolda Papua.

Penjabat Gubernur Papua Selatan Apolo Safanfo menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Papua atas inisiasi rekrutmen Polri khusus OAP secara besar-besaran.

"Program ini sangat baik untuk jangka panjang dan berharap dengan penandatanganan hibah dapat bermanfaat maksimal bagi anak-anak yang mengikuti seleksi bintara Polri yang nantinya bila sudah berdinas bisa melayani masyarakat di Tanah Papua khususnya di Provinsi Papua Selatan,” ungkap Apolo Safanfo.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment