Kapolda NTB : Terpilihnya Mandalika Sebagai Lokasi Event WSBK Harus Menjadi Kebanggaan yang Dijaga Bersama Oleh Seluruh Masyarakat

16 November 2024 - 07:42 WIB
www.tribratanews.com – Mataram. Event Balap Internasional World Superbike (WSBK) yang bakal dihelat di Sirkuit Mandalika 19-21 November 2024 dinilai menjadi momentum untuk kebangkitan perekonomian NTB. Keberadaan Sirkuit Mandalika berpeluang membuka pengembangan sektor industri energi baru dan terbarukan di NTB.

"Ini momentum membangkitkan perekonomian di NTB," ujar Kepala Dinas PUPR NTB Ridwan Syah dalam diskusi publik bertema 'WSBK di Depan Mata, NTB dapat Apa?' yang diselenggarakan Pojok NTB bersama Himpunan Mahasiswa Nahdlathul Wathan (Himmah NW), Senin (15/11/2021).

Kegiatan yang dirangkai dengan peringatan Hari Pahlawan tersebut dihadiri oleh Kapolda NTB, Irjen Pol. Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H., Kabinda NTB, Wahyudi Adi Siswanto, Kadis PUPR NTB Ridwan Syah serta perwakilan para pihak terkait, tokoh masyarakat, tokoh adat, kelompok pemuda mahasiswa, aktivis dan pegiat media massa.

Kepala Dinas PUPR NTB mengatakan, diresmikannya Sirkuit Mandalika oleh Presiden Joko Widodo memicu banyak benefit yang bisa dirasakan NTB. Terutama dengan adanya event-event sport tourism yang digelar di sana.

Ramainya penonton yang datang dari berbagai daerah menuai keuntungan di sektor pariwisata sehingga banyak juga peluang industri bisa juga dikembangkan nantinya. "Akan ada juga peluang industri otomotif seperti pembuatan suku cadang, aksesoris dan motor listrik," katanya.

Kapolda NTB, Irjen Pol. Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H., mengatakan, terpilihnya Mandalika sebagai lokasi event WSBK Mandalika yang sudah di depan mata, sekaligus MotoGP 2022 mendatang harus menjadi kebanggaan yang dijaga bersama, termasuk oleh seluruh masyarakat NTB.

"Sebab terpilih menjadi lokasi dan menjadi tuan rumah untuk WSBK dan MotoGP ini tidak mudah, tetapi kita bersyukur dunia memilih NTB," ungkap Kapolda NTB. Kapolda berharap, masyarakat bisa tetap menjaga keamanan dan ketertiban, kondusivitas daerah juga menebarkan keramahan sebagai tuan rumah yang baik.

Menurut Kapolda NTB, dari sisi ekonomi keberadaan sirkuit Mandalika dan event-event dunia yang digelar di sana akan membawa dampak sangat baik bagi NTB. Menjelang WSBK Mandalika saja, data okupansi hotel di Lombok mengalami tren meningkat.

"Saat ini terlihat sudah 70 persen (okupansi hotel) terisi. Belum lagi masuk tanggal 19 sampai 21 November dipastikan semuanya ful ditempati para pengunjung dan penonton WSBK. Artinya peningkatan perekonomian NTB sudah mulai terlihat," ungkap Kapolda NTB.

Berkaitan dengan Hari Pahlawan, Kabinda NTB Wahyudi Adi Siswanto mengatakan, peresmian Sirkuit Mandalika oleh Presiden Joko Widodo turut mempromosikan nilai-nilai Pancasila ke dunia internasional. "Ke dalam (daerah) ada aspek keadilan sosial, sementara ke dunia internasional, kita bisa tunjukan kita bisa menyelesaikan masalah-masalah di kawasan Mandalika dengan cepat dan tuntas," ungkap Kabinda NTB

(fa/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment