Kapolda Jatim Lakukan Peninjauan Kesiapan Pos Pengamanan Pergantian Tahun Baru di Surabaya

27 December 2024 - 16:46 WIB
www.tribratanews.com - Surabaya. Kapolda Jatim Irjen. Pol. Dr. Nico Afinta Karo-Karo, S.I.K., S.H., M.H., bersama Kapolrestabes Surabaya Kombes. Pol. Akhmad Yusep Gunawan, S.H., S.I.K., melakukan peninjauan langsung beberapa Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2022 di Kota Surabaya, Senin(27/12/2021).

Dalam penjelasannya, Kapolda Jatim mengatakan bahwa sistem pengamanan kota Surabaya berbeda dengan tahun 2020 lalu, yang dilakukan penyekatan hingga tingkat RW, mengingat penyebaran Covid-19 yang tinggi. Mekanisme pengamanan tahun 2022 tidak melaksanakan penyekatan, namun pembatasan mobilitas di batas kota Surabaya, untuk itu dalam mengantisipasi masyarakat yang bergeser ke Surabaya. Hal ini dilakukan untuk merekayasa lalulintas di dalam pusat kota untuk mengurangi keramaian.

"Dalam pengamanan kali ini, Polrestabes surabaya telah melibatkan perkuatan sebanyak 3064 personel. Bahkan kami telah perintahkan melalui Kapolrestabes Surabaya untuk dapat memberikan himbauan secara humanis, preemtif dan preventif kepada seluruh masyarakat Kota Surabaya agar tidak mengadakan acara - acara di hotel, maupun lokasi keramaian dimalam tahun baru. Silahkan dilaksanakan seperti himbauan sesuai Surat Edaran (SE) Mendagri dan Menteri Agama, guna mencegah penularan Covid-19 varian Omicorn," tambah Kapolda Jatim.

"Untuk itu setiap Satwil dan Satker silahkan bekerja sama dengan humas, untuk menghimbau masyarakat dan mengoptimalkan pelaksanaan yustisi. Selain itu dimalam Tahun Baru nanti kami juga memperkuat pembatasan mobilitas di Ring 3 (batas masuk kota surabaya), ring 2 (Jalan utama mengarah ke pusat kota) dan Ring 1 (pusat kota serta lokasi keramaian), guna mengurangi mobilitas masyarakat agar tidak terjadi penumpukan," tutup Kapolda Jatim.

Share this post

Sign in to leave a comment