Kapolda Jatim imbau Masyarakat Rayakan Tahun Baru di Rumah Waspadai varian Omicron

30 December 2024 - 09:23 WIB
www.tribratanews.com - Surabaya. Kapolda Jatim Irjen. Pol. Nico Afinta mengimbau masyarakat merayakan pergantian malam Tahun Baru 2022 di rumah saja karena saat ini Indonesia sedang mewaspadai mutasi baru COVID-19 varian Omicron.

"Varian baru Omicron ini, sudah ada 49 (orang terpapar), dan kemungkinan bertambah. Ini penting untuk kita masyarakat dengan seluruh stakeholder bekerja sama laksanakan prokes dulu, jangan bepergian kalau tidak penting. Mending di rumah nonton TV," jelas Kapolda di Mapolda Jatim, Surabaya, Rabu (29/12/21).

Irjen. Pol. Nico Afinta juga mengatajan ada sejumlah upaya yang dilakukannya dalam menekan pergerakan masyarakat. "Untuk pergerakan masyarakat tidak boleh melakukan kegiatan perayaan tahun baru. Berikutnya orang melengkapi dirinya dengan aplikasi PeduliLindungi, kemudian vaksin kedua dan patuh terhadap prokes," jelas Kapolda.

Selanjutnya, Polda Jatim juga akan melakukan Operasi Yustisi. Kapolda mengatakan anggota di lapangan tak akan jengah mengingatkan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan. "Untuk pengamanan orang ini akan dilakukan Operasi Yustisi, mengingatkan orang pakai masker. Kemudian jika ada yang belum divaksin kedua kita vaksin," jelas Kapolda.

Sementara untuk tempat wisata atau ruas jalan yang dikhawatirkan menjadi titik kerumunan, Kapolda akan menerjunkan anggotanya untuk mencegah kerumanan tersebut. "Lalu yang ketiga masalah tempat. Terkait tempat keramaian, tempat wisata, akan ada anggota yang bekerja mengamankan tempat tersebut agar tidak terjadi kerumunan," jelas Kapolda.

Share this post

Sign in to leave a comment