Kapolda DIY Tinjau Lokasi Anjloknya KAI di Kulonprogo

17 October 2023 - 21:45 WIB
Foto: Dok. BNPB

Tribratanews.tribratanews.com - Yogyakarta. Kapolda DIY Irjen. Pol. Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., meninjau lokasi anjloknya Kereta Api Argo Semeru jurusan Surabaya-Jakarta dan selanjutnya berserempetan dengan Kereta Argowilis tujuan Bandung-Surabaya.

Kapolda pun memerintahkan agar tim gabungan memastikan data korban penumpang kereta. Selain itu, diminta agar tim gabungan mengupayakan segera evakuasi kereta tersebut untuk memperlancar arus perjalanan.

Dalam tim gabungan tersebut, Polri dan KAI juga segera berkoordinasi untuk mendalami penyebab sebenarnya kecelakaan. Kemudian, akan dilakukan evaluasi untuk mencegah  terulang kejadian seperti ini di masa yang akan datang.

Baca Juga:  Satgas Damai Cartenz Evakuasi Warga dan Jenazah Korban Penyerangan KKB

“Pastikan juga apakah ada korban di luar penumpang atau tidak dan  selalu tempatkan anggota untuk amankan lokasi, pastikan keselamatan orang yang paling diutamakan,” ungkap Kapolda DIY dalam keterangan tertulis, Selasa (17/10/23).

Dalam kejadian tersebut, para penumpang sudah dilakukan evakuasi dengan menggunakan kereta bandara ke Stasiun Wates dengan dua kali perjalanan, yaitu pukul 15.00 WIB dan 16.00 WIB. Sementara, saat ini evakuasi kedua kereta api masih terus dilakukan dengan menunggu alat dari PT KAI.

Kapolres Kulonprogo AKBP Nunuk Setiyowati S.I.K M.H menambahkan bahwa jumlah korban kecelakaan ini mencapai 31.

“Luka ringan 28 dilakukan perawatan di lokasi  sedangkan 3 orang dirujuk ke RS Queen Latifah (1 rawat inap 2 orang sudah diperbolehkan pulang),” jelasnya.

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment