Kabaharkam Polri Pimpin Anev Ops Aman Nusa II-2020

5 September 2020 - 13:43 WIB

www.tribratanews.com. Kabaharkam Polri, Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., memimpin rapat analisa dan evaluasi (Anev) Ops Aman Nusa II-Penanganan (COVID-19) Tahun 2020 melalui video conference, Jumat (04/09/2020).

 

Anev Ops Aman Nusa II ini diikuti oleh seluruh Kapolda selaku Kaopsda dan Kapolres selaku Kaopsres serta Pejabat Operasi Aman Nusa II Pusat di Pusdalsis Mabes Polri, Jakarta.

 

Pada kesempatan ini, selaku Kaopspus Aman Nusa II – 2020, Kabaharkam Polri mengungkapkan adanya fenomena munculnya cluster baru persebaran COVID-19 yang terjadi beberapa bulan terakhir di lingkungan perkantoran.

 

Kabaharkam Polri menekankan kepada seluruh peserta Vicon untuk melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

 

Lakukan identifikasi dan mapping daerah-daerah rawan/tempat-tempat keramaian /cluster-cluster baru (lingkungan perkantoran) yang dapat menyebabkan penyebaran virus corona (COVID-19) diwilayah masing-masing.

 

Kemudian Pelajari, pahami, pedomani, dan laksanakan Inpres Nomor 6 Tahun 2020 untuk dapat merumuskan langkah-langkah penanganan COVID-19 di wilayah masing-masing.

 

Selanjutnya, Inventarisir dan identifikasi setiap anggota Polri yang terdampak COVID-19 serta lakukan langkah-langkah penanganan dengan membuat SOP di setiap Mako Polri yang melaksanakan pelayanan publik. Jangan sampai justru kantor polisi dan pelayanan polisi yang menjadi cluster baru.

 

Apabila diperlukan sanksi dalam pelaksanaan pendisiplinan, lakukan secara tegas dan terukur. Hindari tindakan kepolisian yang bersifat kontra-produktif dan menambah beban masyarakat.

 

”Tempatkan personel yang sehat khususnya di lapangan, pastikan personel tersebut dalam keadaan sehat. Amankan personel yang memiliki penyakit bawaan dan jangan sampai kantor polisi menjadi cluster baru,” tegas Kabaharkam Polri.

 

Selain itu, Kabaharkam Polri juga mendorong para Kasatgasda agar berperan aktif dalam penanganan dampak COVID-19 baik di sektor kesehatan maupun sektor lainnya terutama sektor ekonomi.

 

Terakhir, Kabaharkam Polri mengingatkan kepada para Kapolda dan Kapolres agar selalu menjaga sense of crisis.

 

(rj/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment