Jelang Mudik Lebaran 2023, Polda Sumbar akan Berlakukan Penerapan Sistem One Way di Jalur Padang Bukittinggi

16 April 2023 - 20:30 WIB
Foto: nasionalxpos

Tribratanews.tribratanews.com - Padang. Sejumlah rekayasa lalu lintas diterapkan Polda Sumut di masa mudik Lebaran 2023, yaitu diberlakukannya sistem One Way dengan mengubah jalur yang semula dua arah menjadi satu arah. Sistem ini diterapkan untuk meningkatkan kapasitas jalan sehingga mencegah kemacetan.

“Penerapan sistem One Way pada saat Lebaran Idul Fitri 1444 H, untuk mengurangi kemacetan arus lalu lintas di daerah Sumatera Barat, yang setiap tahun menjadi keluhan para perantau yang hendak mudik ke kampung halamannya,” jelas Kapolda Sumbar Irjen. Pol. Suharyono, S.I.K., S.H., dilansir dari laman Nasionalxpos, Sabtu (15/4/23).

Baca Juga:  Kapolda Banten Sebut Pentingnya Sosialisasi Jaket Keselamatan Pada Penumpang Selama Perjalanan Mudik Lebaran

“Karena harus terjebak macet selama berjam jam. Sementara jumlah kendaraan setiap tahun akan terus meningkat. Apabila tidak kita lakukan inovasi, maka tidak akan ada solusi untuk mengatasi kemacetan arus lalu lintas setiap perayaan Idul Fitri,” jelas Kapolda.

Irjen. Pol. Suharyono menambahkan, jalur dari pertigaan Sicincin akan di berlakukan satu arah menuju Kota Bukittinggi, dan dari Bukittinggi menuju Padang akan dialihkan lewat Malalak, dan keluar di pertigaan Sicincin atau Simpang Lubuk Alung Padang Pariaman.

“Untuk penutupannya akan bersifat fleksibel tidak harus selesai di H+3, tergantung situasi arus saat itu. Apabila arus masih padat kemungkinan akan bertambah beberapa hari ke depannya” tutup Kapolda Sumbar.

(bg/hn/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment