Jaga Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi Covid-19, Polda Riau Luncurkan Program Jaga Kampung

27 June 2020 - 15:22 WIB
www.tribratanews.com - Pekanbaru. Kepolisian Daerah Riau meluncurkan program Jaga Kampung. Program tersebut salah satunya bertujuan untuk menguatkan ketahanan pangan masyarakat, yang saat ini sedang dilanda Pandemi Covid-19.

Adapun daerah yang menjadi pilot project program Jaga Kampung yang digagas Polda Riau ini adalah Kampung Sengkemang, Dusun Lingkar Padi Kecamatan Koto Gasip Kabupaten Siak. Selain di sana, program serupa juga akan dijalankan diseluruh Riau


Kapolda Riau Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi dalam kunjungannya ke Kampung Sengkemang, menjelaskan bahwa program Jaga kampung adalah gerakan internalisasi dari nilai luhur, sembari mengoptimalkan upaya untuk membangun berbagai ketahanan termasuk dalam ketahanan pangan.


"Tujuan pencanangan jaga kampung ini yaitu agar kuat kampungnya, sehat masyarakatnya dan cukup pangannya. Dengan tiga hal tersebut kampung terjaga, baik dari Covid-19, narkoba, radikalisme dan lain sebagainya. Ini gerakan dari kita semua," tegas Jenderal bintang dua.


Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi menuturkan Kesuksesan program Jaga Kampung tersebut tidak lepas dari dukungan berbagai jajaran, termasuk masyarakatnya, di mana fokus utamanya adalah pemenuhan kebutuhan. Sebab itu, gerakan ketahanan pangan menjadi pilihan dalam program tersebut.

"Jaga kampung merupakan gerakan yang datang dari kita semua, agar ke depan menjadi kampung yang kuat, dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan memberdayakan lahan," terang Kapolda Riau.

Mantan Dirtipideksus Bareskrim Polri mengungkapkan bahwa Polda Riau juga akan mencanangkan gerakan Jaga Kampung untuk seluruh Provinsi Riau


"Secara serentak dicanangkan di seluruh Riau. Jadi dimulai dari setiap Polres satu kampung sebagai pilot project, kemudian setiap Polsek," tutup Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi.


(ym/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment