Jadi Narasumber pada Dialog Lintas Agama, Kapolda Sulut: Pancasila Tidak Bertentangan dengan Nilai Agama

22 November 2024 - 08:57 WIB
www.tribratanews.com – Manado. Dialog Lintas Agama Dalam Rangka Penguatan Moderasi Beragama merupakan salah satu rangkaian acara Konferensi Nasional Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) VI dan Pekan Kerukunan Internasional.

Dalam acara yang diadakan di Grand Kawanua International City (GKIC) Novotel, Manado, Sulawesi Utara (Sulut) ini menghadirkan Kapolda Sulut, Irjen. Pol. Drs. Mulyatno, S.H., M.M., sebagai salah satu pembicara, Minggu (21/11/2021).

Kapolda Sulut memaparkan materi "Kehidupan Keagamaan dan Kebangsaan dalam Titik Temu Pancasila". Kapolda Sulut mengungkapkan, bahwa Pancasila merupakan kehendak bersama Bangsa Indonesia untuk mencapai kepentingan umum di atas Indonesia yang majemuk serta untuk mencapai kebahagiaan hidup.

Sejauh ini, Pancasila tidak bertentangan dengan nilai-nilai agama manapun. "Misalnya saja Pancasila tidak bertentangan dengan ajaran Agama Islam, dan ajaran Islam juga tidak ada yang tidak sesuai dengan Pancasila," jelas Kapolda Sulut.

Kapolda Sulut menambahkan, Pancasila dan ajaran agama manapun sama-sama mengajarkan kebaikan. Agama lebih banyak mengajarkan hubungan vertikal dengan Sang Pencipta, sedangkan Pancasila merupakan kristalisasi nilai-nilai agama sebagai pedoman dan filosofi kehidupan. Indonesia sebagai negara nasionalis yang kuat melindungi semua agama yang dipeluk oleh masyarakat.

Hingga kini, Pancasila mampu berdiri kokoh meskipun ada beberapa gerakan separatis di beberapa daerah Indonesia. Kapolda Sulut juga menerangkan, adanya empat konsensus dasar Bangsa Indonesia, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD), Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Harapannya tentu kita bisa menjaga empat konsensus ini," imbau Kapolda Sulut.

(fa/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment