Istimewa, Pertama Kali Dalam Sejarah Upacara HUT ke-79 Republik Indonesia Dilaksanakan di 2 Tempat

15 August 2024 - 18:00 WIB
Beritasatu

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 akan diwarnai dengan berbagai kegiatan, termasuk upacara bendera yang menjadi bagian penting dari perayaan tersebut, Kamis (15/8/24).

Tema HUT ke-79 RI tahun ini adalah "Nusantara Baru Indonesia Maju," yang mencerminkan semangat transisi perpindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Peringatan tahun ini akan menjadi istimewa karena upacara bendera akan diselenggarakan di dua lokasi berbeda, yaitu, Istana Negara di Jakarta dan Istana Negara IKN.

Dilansir dari laman Beritasatu, berdasarkan surat edaran Kementerian Sekretariat Negara, upacara di IKN akan berlangsung pada pukul 11.00 WITA, sedangkan upacara di Jakarta akan digelar pada pukul 10.00 WIB. 

Baca Juga: Tim Medis IKN Antisipasi Ancaman Heatstroke saat Upacara HUT RI

Presiden Joko Widodo akan memimpin upacara di IKN, didampingi oleh presiden terpilih Prabowo Subianto. Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan memimpin upacara di Istana Kepresidenan Jakarta, didampingi oleh wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Ini akan menjadi upacara terakhir yang dipimpin oleh Jokowi sebagai presiden, dan sekaligus menandai sejarah sebagai peringatan pertama yang dilaksanakan di dua lokasi berbeda.

Rangkaian kegiatan HUT RI ke-79 ini akan dimulai dengan dzikir dan doa kebangsaan di Istana Merdeka, Jakarta. Pengukuhan Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) juga akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di IKN.

Upacara penganugerahan tanda kehormatan akan dilaksanakan di Istana Negara Jakarta, dan pidato kenegaraan serta penyampaian RAPBN dan nota keuangan akan diselenggarakan di Gedung Nusantara, Gedung MPR, DPR, DPD.

Selain itu, pelaksanaan apel kehormatan dan renungan suci (AKRS) akan dilakukan secara bersamaan di dua tempat, yaitu di Taman Kusuma Bangsa, IKN, dan Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Perayaan HUT ke-79 RI ini menandai momen penting dalam sejarah Indonesia, menunjukkan semangat perubahan dan keberlanjutan dalam pemerintahan yang baru.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment