Irwasda Polda Metro Jaya Membuka Langsung Gelaran Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) T.A. 2023

28 November 2023 - 09:18 WIB
Humas Polda Metro Jaya

Tribratanews.tribratanews.com - Irwasda Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Nurkolis, S.I.K., M.Si., membuka langsung Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) T.A. 2023 yang dilaksanakan oleh Bidang Hukum Polda Metro Jaya di Hotel Diradja Mampang, Jakarta Selatan. Senin, (27/11/23).

Irwasda Polda Metro Jaya menyampaikan Tugas Pokok Polri diatur di dalam Pasal 13 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, Menegakkan hukum dan Memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat”.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Sederet Bahaya Cium Bayi Sembarangan

Kombes Pol. Nurkolis, mengungkapkan PKPA Tahun ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Polri dibidang hukum sekaligus untuk menyatukan persepsi, memberikan pemahaman pengetahuan dan pelatihan bagi peserta PKPA Tahun 2023 yang diikuti oleh anggota Polri.

"Bidang Hukum Polda Metro Jaya dan Sikum Polres Jajaran berperan sebagai pengemban fungsi hukum ditingkat Polda dan Kewilayahan, serta bertindak sebagai advokat Polri yang dalam menjalankan tugasnya untuk memberikan bantuan hukum dan pengemban fungsi hukum sangat strategis sejalan dengan semakin berkembangnya kebutuhan hukum masyarakat terutama berkaitan dengan penegakan hukum yang dilakukan oleh Polri," ungkap Kombes Pol. Nurkolis.

Maka dari itu pengemban fungsi hukum ini berfungsi guna mempelajari dan memahami kegiatan advokasi di peradilan terkait dengan banyaknya gugatan/permohonan masyarakat yang menguji setiap tahapan penegakan hukum yang dilakukan oleh institusi Polri khususnya Polda Metro Jaya baik itu perdata, pidana, tata usaha negara maupun tuntutan hukum lainnya.

Pentingnya tugas dan fungsi pembinaan hukum tersebut, Irwasda Polda Metro Jaya mengapresiasi adanya pelatihan pendidikan khusus profesi advokat ini dibuat karena Kombes Pol. Nurkolis yakin melalui pelatihan yang konsisten akan menghasilkan sumber daya manusia yang profesional, modern dan terpercaya.

(pt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment