Irjen Wahyu Widada: SDM Unggul, Kompeten dan Berintegritas Jaminan Tugas Kepolisian Berjalan Baik

17 January 2023 - 21:18 WIB
Polri

Tribratanews.tribratanews.com – Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As Sdm) Irjen Wahyu Widada menghadiri acara bedah buku berjudul 'Imajinasi Sosiologi: Pembangunan Sosietal' karangan Prof Dr Paulus Wirutomo.

Ia yang di daulat  menjadi keynote speaker dalam bedah buku ini menyampaikan pembangunan sosietal adalah usaha untuk memperbaiki masyarakat manusia secara utuh dan menyeluruh, agar terjadi keseimbangan sistemik dan kesetaraan yang inklusif antar seluruh bagian-bagiannya.

Baca Juga : Polisi Gelar Rekontruksi Penculikan dan Pembunuhan Anak di Makassar

"Dengan menggunakan metode pendekatan sosiologis untuk memperbaiki dan menata keseimbangan struktural-kultural-prosesual, pembangunan sosietal akan membantu masyarakat," ungkap Wahyu.

Menurutnya, konsep social invention yang dikembangkan melalui analisis struktural-kultural-prosesusal ini tentu saja amat relevan bagi para anggota Polri yang memfokuskan perhatian, terutama bagaimana terwujudnya SDM yang mumpuni dalam mengindetifikasi permasalahan dan mencari pemecahan masalah-masalah.

"Inti dari pembangunan sosial adalah inklusi sosial, yaitu kesempatan bagi semua warga masyarakat untuk memperoleh hak dan kebutuhan yang paling dasar, seperti kebutuhan fisik, status sosial, kekuasaan, serta hak-hak dasar sebagai manusia untuk dapat berpartisipasi dalam kehidupan sebagai warga masyarakat," ujarnya.

"Tercapainya pembangunan sosietal akan membawa pembangunan umat manusia pada inti tujuannya yang hakiki, yaitu peningkatan kualitas kehidupan sosial budaya yang ditandai dengan social inclusion. Implikasinya adalah tercapainya sustainable development goal menuju development of human ecology," jelasnya.

"Terkait dengan tantangan regional konflik Laut Cina Selatan masih terus kita monitor agar diselesaikan. Kita juga akan dihadapkan kepada agenda politik Pemilu 2024, ini perlu kita siapkan," jelasnya.

(ta/fa/hn/um)


Share this post

Sign in to leave a comment