Ini Yang Menjadi Alasan Mengapa Generasi Z Banyak Terjerat Pinjol

12 March 2024 - 21:30 WIB
poskota

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Pemerhati Ekonomi UNS Solo, Bhimo Rizky Samudro, S.E.,M.Si,.Ph.D., tidak menampik, banyak Gen Z yang terjerat utang pinjol.

Bhimo Rizky Samudro, mengatakan, Gen Z merupakan generasi yang mempunyai karakteristik suka dengan hal-hal praktis dan instan.

"Gen Z punya karakteristik suka hal yang instan dan praktis tetapi di sisi lain eksploratif. Kalau misalkan pinjol kata online sendiri itu pasti menggunakan alat atau teknologi, saya mengamati Gen Z ingin praktis," ujarnya, dilansir dari RRI, Selasa (12/03/24).

Dalam kesempatannya ia menilai, cara berpikir Gen Z dengan generasi milenial dalam melakukan pinjaman sangat berbeda. 

Baca Juga: Polda Sumut Imbau Masyarakat Tidak Gunakan Petasan Selama Bulan Ramadan

Generasi milenial pasti memikirkan risiko dari pinjamannya itu, sedangkan Gen Z tidak sama sekali memikirkannya.

"Jadi, mereka (Gen Z) lebih memikirkan bagaimana kemudahan-kemudahan  dengan menggunakan eksplorasi teknologi dari pada resikonya. Dibandingkan generasi X (milenial) pasti akan lebih memikirkan resikonya dibandingkan mudah atau tidaknya," jelasnya.

Menurut dia dengan karakteristik suka hal instan dan cepat itulah Gen Z banyak terjebak pinjol. Terlebih, Gen Z rata-rata lahir ketika era teknologi serba digital dan instan seperti saat ini.

"Tetapi, kalau Gen Z saya rasa dari karakteristiknya ketika mudah menggunakan teknologi akan terus di eksplor. Sehingga memudahkan mereka untuk bisa akses termasuk pinjaman," tutupnya.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment