Indonesia Ajak ASEAN Efektif Tangkal Tantangan Kejahatan Lintas Negara

9 May 2023 - 18:30 WIB
Foto: Antaranews

Tribratanews.tribratanews.com - Labuan Bajo. Negara-Negara ASEAN diajak untuk membekali kemampuan agar bisa secara efektif menangkal tantangan berbagai potensi kejahatan lintas negara di kawasan. Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud Mahmodin, S.H., S.U., M.I.P., selaku pemimpin Pertemuan Ke-26 Dewan Masyarakat Politik-Keamanan ASEAN (APSC).

"Saya ingin membawa perhatian kita semua atas penyebaran kejahatan lintas negara di kawasan kita, mulai dari terorisme, narkotika dan pencucian uang, serta perdagangan manusia," ungkap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI dilansir dari laman antaranews, Selasa (9/5/23).

Baca Juga:  Inilah Manfaat Jogging di Sore Hari

Menurut Menkopolhukam, potensi berbagai kejahatan lintas negara tersebut bukan saja menimbulkan ancaman terhadap perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran kawasan, tetapi juga mengganggu proses pembangunan masyarakat ASEAN. Oleh karena itu, Indonesia mengajak negara-negara ASEAN untuk memperkuat kemampuan dalam menanggulangi permasalahan kejahatan lintas negara.

“Indonesia juga mendorong percepatan perundingan Perjanjian Ekstradisi ASEAN yang sudah berlarut-larut. ASEAN dihadapkan tantangan dari luar berupa persaingan antara kekuatan-kekuatan besar yang berpotensi memecah belah. Di waktu bersamaan, kita juga harus mengatasi krisis pangan, krisis energi, serta perlambatan ekonomi global," ungkapnya.

(bg/hn/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment