Hindari Krisis Air Bersih, Polisi Bersama dengan Forkopimda dan Warga Perbaiki Jalur Pipa Rusak di Probolinggo

1 February 2024 - 10:00 WIB
Dok. Humas Polda Jatim

Tribratanews.tribratanews.com - Probolinggo. Akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi banjir dan tanah longsor terjadi di wilayah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur di Desa Negororejo Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo.

Polres Probolinggo melalui Polsek Lumbang bersinergi dengan Forkopimka Lumbang, Kades Negororejo dan masyarakat Negororejo langsung mendatangi TKP.

Kapolsek Lumbang AKP Suharsono S.H., menyampaikan pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat Negororejo dan langsung merapat ke TKP untuk bersama-sama memperbaiki jalur pipa yang rusak akibat banjir.

Baca Juga: Depan Jamaah Habib Syech, Kaops NCS Polri Serukan Jaga Pemilu 2024 Aman dan Damai

Diberitakan sebelumnya, banjir yang terjadi pada hari sabtu lalu (27/01/24) sekira pukul 15.00 WIB tersebut mengakibatkan jalur pipa air Madakaripura desa Negororejo Kec. Lumbang rusak.

“Kejadian ini mengakibatkan akses jalan menuju tempat wisata air terjun Madakaripura rusak sehingga Forkopimka Lumbang Probolinggo mencari jalur alternatif lain untuk menuju air terjun tersebut.” tegas Kapolsek Probolinggo.

Selain akses jalan yang tertutup, pipa air bersih untuk kebutuhan warga setempat juga rusak sehingga warga kesulitan mendapatkan air bersih.

Disisi lain, Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana mengatakan, pasca banjir tersebut membuat lokasi terdampak perlu penanganan dan pentingnya untuk melakukan perbaikan.

Kapolres Probolinggo juga menjelaskan perbaikan itu mencakup perbaikan infrastruktur, pendukung psikososial untuk warga yang terdampak, dan evaluasi untuk meningkatkan kesiapsiagaan di waktu mendatang.

“Kejadian ini menekankan pentingnya perencanaan mitigasi bencana, kesiapsiagaan masyarakat, dan kerjasama antar lembaga dalam menghadapi bencana alam,” tutupnya.

(as/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment