Hadapi Pilkada Serentak 2020, Polda Kalbar Kembali Gelar Silaturahmi Kamtibmas Ciptakan Pilkada Aman, Bermartabat dan Sehat

28 September 2020 - 09:58 WIB
www.tribratanews.com - Pontianak. Dalam rangka kesiapan menghadapi Pilkada serentak 2020, Polda Kalimantan Barat (Kalbar) kembali menggelar acara silaturahmi Kamtibmas.

Kali ini silaturahmi mengundang insan pers atau jurnalis yang ada di Kalimantan Barat. Dihadiri langsung oleh Gubernur Kalbar Sutarmidji, Kapolda Kalbar, Irjen Pol Dr. Drs. Sigid Tri Hardjanto, S.H., M.Si., dan Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad bertempat di aula Graha Khatulistiwa Polda Kalbar, Sabtu (26/9).

Silaturahmi kamtibmas tersebut mengusung tema, “Peran Media Dalam Rangka Mendukung Pilkada 2020 yang Aman, Bermartabat dan Sehat,” kegiatan ini merupakan pertemuan ke empat yang diadakan Polda Kalbar dalam menghadapi kesiapan Pilkada.


Dalam acara ini juga dideklarasikan pembacaan komitmen bersama insan pers untuk mewujudkan Pilkada yang aman, bermartabat dan sehat. Kapolda Kalimantan Barat (Kalbar) mengatakan, dalam demokrasi terdiri dari 4 pilar, dimana media turut memegang peranan sebagai pilar ke-4.

“Peran insan pers atau jurnalis sebagai pemberi informasi kepada masyarakat merupakan peranan penting dalam mendukung Pilkada 2020. Gunakan kemampuan dan energi yang dimiliki teman media untuk menjaga kualitas demokrasi dan menyejukkan situasi Pilkada,” ungkap Kapolda Kalbar.

Kapolda Kalbar juga mengajak seluruh hadirin agar tidak pernah bosan dan berhenti untuk mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Selain itu, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji juga mengatakan kepada insan pers untuk memikirkan dampak dari berita atau informasi yang dimuat. Terkait pelaksanaan Pilkada di tahun ini, Gubernur mengajak agar para media dalam membuat berita yang menyejukan masyarakat.

Terkait pencegahan wabah Covid-19 Gubernur juga menyarankan para wartawan atau jurnlis melakukan tes swab secara rutin mengingatkan pelaksanaan tugas jurnalistik banyak bersentuhan dengan masyarakat.

Silahturahmi Kamtibmas bersama insan pers yang diadakan Polda Kalbar ini juga mengadakan sesi diskusi bersama dengan narasumber Ketua KPU Provinsi Kalbar Ramdhan. Ketua Bawaslu Ruhermansyah, Kabid Humas Kombes Pol. Donny Charles Go dan professional jurnalis Edo Sinaga.

(fa/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment