Gempa Magnitudo 4,7 Guncang Wilayah Kota Bima, NTB

5 June 2024 - 18:50 WIB
ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Info gempa hari ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengupdate informasi gempa hari ini, gempa tektonik berkekuatan magnitudo 4,7 kali ini mengguncang wilayah Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (5/6/24). Gempa terjadi sekitar pukul 14.30 WITA. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, menjelaskan episenter gempa terletak di koordinat 8,23 derajat Lintang Selatan; 118,00 derajat Bujur Timur. Lokasi gempa berada di darat dengan jarak 61 kilometer barat laut Dompu, dengan kedalaman pusat gempa 214 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya. Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat adanya aktivitas deformasi batuan dalam slab Lempeng Indo-Australia," jelasnya, dilansir dari tekno.tempo.

Hasil analisis mekanisme sumber gempa, ditemukan adanya aktivitas mekanisme pergerakan sesar turun atau normal fault. Gempa ini dipastikannya tidak berpotensi tsunami dan hasil monitoring BMKG belum melihat adanya aktivitas gempa susulan atau aftershock.

Dampak gempa dirasakan di wilayah Bima dan Sumbawa dengan skala II MMI.

(ek/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment