Gempa Berkekuatan Magnitudo 7,4 Guncang Tanah Bumbu Kalsel

29 August 2023 - 08:30 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Gempa bumi dengan magnitudo 7,4 mengguncang Tanah Bumbu Kalimantan Selatan pada Selasa (29/8/23) dini hari. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa itu terjadi pada pukul 02.55 WIB.

Dilansir dari cnnindonesia.com. Pusat gempa berada di koordinat 4,38 Lintang Selatan dan 116,9 Bujur Timur, atau 180 kilometer di Tenggara Tanah Bumbu. Gempa itu berada di laut pada kedalaman 10 kilometer.

Berdasarkan informasi BMKG, gempa tersebut terasa hingga Kuta dengan V skala MMI, kemudian Gianyar, Denpasar, Waingapu, dan Lombok dengan IV skala MMI.

Baca Juga:  [Hoaks] Tugas Kerja Online Sampingan Mengatasnamakan Traveloka

Gempa di Tanah Bumbu getarannya juga terasa hingga Karangkates, Kuta Selatan, Tabanan dengan III skala MMI, kemudian Trenggalek, Bantul, dan Blitar dengan II skala MMI.

Skala V berarti berpotensi membuat kerusakan berat, sedangkan IV berpotensi kerusakan sedang, III berisiko kerusakan ringan, sedangkan II hanya dirasakan masyarakat tanpa ada kerusakan.

Dalam informasi awal, gempa itu disebut tak berpotensi tsunami. Namun, BMKG meminta masyarakat berhati-hati dengan gempa susulan.

(ek/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment