Dukcapil DKI Prediksi Akan Ada 40 Ribu Pendatang Baru

27 April 2023 - 08:00 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta memprediksi akan ada 40.000 pendatang baru usai lebaran. Angka prediksi ini naik 20 persen dibanding lebaran tahun lalu yang mencapai 27.000 pendatang baru.

"Perkiraan kami ada penambahan sekitar 20-30 persen menjadi 36.000 hingga 40.000 pendatang baru," ujar Kepala Dukcapil DKI Jakarta Budi Awaluddin, Rabu (26/4/2023).

Baca Juga:  Terik Menyengat, BMKG Prediksi UV Level Ekstrem di Jam-Jam Ini

Untuk itu, Budi menyatakan telah melakukan pendataan bagi penduduk yang ingin menetap di DKI Jakarta. Rencananya, pendataan akan dilakukan selama satu bulan.

"H-1 atau pasca pada saat puncak arus balik mudik hingga satu bulan kami lakukan pendataan untuk penduduk yang non permanen dan penduduk yang ingin menetap di DKI Jakarta," tutur Budi.

Sebelumnya, Plt Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono telah mengimbau kepada warga yang mudik agar tak mengajak kolega atau saudara saat kembali ke ibu kota. Ia menginstruksikan Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan Dukcapil untuk memantau warga yang kembali dari mudik.

(ndt/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment