Ditlantas Polda Riau Laksanakan Cooling System Guna Ciptakan Kamtibmas Aman Kondusif Jelang Pemilu 2024

20 January 2024 - 12:45 WIB
harianhaluan

Tribratanews.tribratanews.com - Pekanbaru. Dalam rangka Cooling System jelang pemilu 2024, Tim Subuh Keliling Ditlantas Polda Riau sambangi Masjid Paripurna Al-Mukminin, di Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Sabtu (20/1/24) pagi.

Selesai Salat Subuh berjamaah, tim yang dipimpin Wakil Direktur Lalu Lintas (Wadirlantas) Polda Riau, AKBP Nurhadi Ismanto, S.H., S.I.K., melaksanakan dialog dengan jemaah.

Tujuan kegiatan ini, untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Selain itu, juga untuk menciptakan keamanan, keseluruhan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas), serta meningkatkan kondusifitas lingkungan di tengah-tengah masyarakat saat pesta demokrasi lima tahunan.

"Alhamdulillah, kita bisa berkesempatan hadir di tengah-tengah jemaah Masjid Paripurna Al-Mukminin ini dalam rangka melaksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi tentang Pemilu 2024 untuk mewujudkan pelaksanaan Pemilu 2024 yang sejuk aman dan damai, serta bisa meningkatkan kondusifitas tengah masyarakat," jelasnya, dilansir dari harianhaluan.

Baca Juga: Kapolri: Lagu Polisi Jagoanku Dongkrak Semangat Pengabdian Korps Bhayangkara

Kegiatan ini merupakan salah satu program kepolisian yang dikenal dengan nama cooling system.

"Kita melaksanakan edukasi tentang pemahaman bagaimana masyarakat bisa paham menyikapi informasi yang diterima dan tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang belum tahu kebenarannya," tambahnya.

Jika mendapat informasi yang belum tentu kebenarannya, pihaknya mengimbau agar masyarakat untuk tidak langsung menyebabkannya. Melainkan harus memverifikasinya.

"Untuk itu kami hadir di sini untuk mengimbau masyarakat agar jangan mudah terpengaruh isu hoaks dan tetap menjaga netralitas, guyub, kompak dan solid guna menjaga lingkungannya," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Tim Subuh Keliling juga menekankan tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas saat berkendara.

"Utamakan keselamatan, cek surat diri dan kendaraan sebelum berangkat, gunakan helm SNI bila menggunakan kendaraan roda dua, jangan melawan arus lalu lintas dan gunakan sabuk pengaman, jangan membiarkan atau izinkan anak-anak kita yang masih di bawah umur untuk berkendara. Selain melanggar aturan tata tertib berlalu lintas, juga sangat membahayakan dirinya sendiri maupun pengendara dan pengguna jalan lainnya," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Masjid Paripurna Al-Mukminin, H Hendri, mengapresiasi program kepolisian ini. Mewakili masyarakat, dia berharap program Subuh Keliling Polda Riau ini bisa terus berjalan lebih aktif lagi.

"Kami selaku masyarakat setempat dan jemaah masjid sangat mengapresiasi sekali program Subuh Keliling Polda Riau ini. Meskipun waktunya sangat singkat, namun sangat bermanfaat dan berkesan kepada kami," ungkap Ketua Pengurus Masjid Paripurna Al-Mukminin.

Selain bisa berinteraksi dan bersilaturahmi, para jemaah juga bisa mendapat edukasi penting dari pihak kepolisian.

"Kami harap program ini bisa terus berlanjut dan lebih ditingkatkan lagi," tutupnya.

(ek/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment