[Disinformasi] Menhan Prabowo Subianto Hadiri Pemakaman Panji Gumilang

12 November 2023 - 15:00 WIB
Foto : Kominfo.go.id

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Beredar postingan video di media sosial Facebook dengan klaim bahwa Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menghadiri pemakaman pemimpin Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun Panji Gumilang. 

Dalam postingan tersebut termuat thumbnail yang menampilkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sedang menatap ke hadapan keranda jenazah yang juga disertai dengan narasi "PENGHORMATAN TERAKHIR UNTUK PANJI GUMILANG. MENHAN PRABOWO DATANG BERI PENGHORMATAN TERAKHIR UNTUK PANJI GUMILANG".

Baca Juga: Kapolda Sulteng Memimpin Silaturahmi Offroader Se Sulawesi di Poso, membawa Misi Sosial dan Jaga Lingkungan

Faktanya, gambar yang tertera dalam video tersebut identik dengan artikel yang dirilis oleh tvonenews.com pada 25 Juni 2023. Artikel tersebut membahas Prabowo Subianto melayat Desmond Junaidi yang meninggal pada 24 Juni 2023 lalu. Sementara itu, cuplikan video yang beredar tidak saling berkaitan satu sama lain. 

Diketahui bahwa saat ini Panji Gumilang ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat atas kasus dugaan penistaan agama.

(As/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment