Demi Jakarta Bersih Dari Polusi, Jokowi Minta Bus Listrik Transjakarta Ditambah untuk Transportasi Masyarakat

29 August 2023 - 12:00 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Demi mengurangi polusi udara di Jakarta, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Drs. Heru Budi Hartono, M.M., mengatakan permintaan Presiden Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) meminta dirinya menambah armada bus listrik Transjakarta pada 2024. Menurutnya, itu sebagai salah satu cara menekan polusi dan mengurangi kemacetan di Jakarta.

Maka dari itu, Drs. Heru Budi mengaku bahwa sedang menghitung APBD untuk menindaklanjuti permintaan dari Presiden.

"Hari ini Bapak Presiden memimpin rapat terkait dengan polusi udara. Salah satu yang ditugaskan kepada kami adalah supaya bisa mempercepat transisi kendaraan khususnya Transjakarta," kata Heru di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (28/8/23), dilansir dari CNN Indonesia.

Baca Juga:  FIFA Kembali Meninjau 4 Stadion Piala Dunia U-17 di Indonesia

"Tadi diminta menambah tahun depan 2024, namun kami sedang hitung kemampuan dari APBD DKI."

Mantan Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah itu menyampaikan amanat dalam rapat bahwa, peran Pemerintah Daerah (Pemda) penyangga Jakarta juga diperlukan dalam mengatasi permasalahan polusi udara. Oleh sebab itu, ia meminta daerah penyangga Jakarta seperti Bogor, Depok, dan Bekasi turut membeli kendaraan listrik.

"Tadi saya sampaikan di dalam rapat saya juga minta kepada pemerintah daerah lainnya misalnya Bogor, Bekasi, Depok untuk turut serta membeli kendaraan listrik tidak semata mata DKI saja," ungkapnya.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment