Cegah Radikalisme, BNPT Bentuk Warung NKRI

21 January 2023 - 13:48 WIB
rri.co.id

www.tribratanews.com - Jakarta. Dorong kemandirian ekonomi dalam mencegah radikalisme, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) membentuk Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan (Warung) NKRI. Salah satu warung yang dibentuk terletak di kawasan kuliner Ceger "D’Light One Foodcourt", Cipayung, Jakarta Timur.

Baca juga : Cegah Virus Terorisme di Dunia Pendidikan, BNPT: Tangkal dengan Vaksin Kebangsaan

“Ini adalah warung NKRI ke-20 warung NKRI ini dapat menjadi wadah dialog kebangsaan yang berkelanjutan. Selain itu juga menjadi sarana reintegrasi sosial serta program pemberdayaan kelompok bagi mitra-mitra deradikalisasi,” jelas Kepala BNPT, Komjen. Pol. Boy Rafli Amar saat meresmikan Warung NKRI ke-20 dilansir dari laman rri, Jumat (20/1/23).

Komjen. Pol. Boy Rafli meyakini ketidakstabilan ekonomi dapat menjadi salah satu penyebab seseorang mudah terpengaruh dan terjerumus pada paham radikal terorisme. Oleh karena itu, kemandirian ekonomi merupakan solusi penyelesaian masalah, khususnya bagi masyarakat yang rentan terpapar.

Pihaknya berharap, 20 Warung NKRI yang tersebar di seluruh Indonesia ini dapat mempersiapkan warga negara yang tangguh, tanggap dan siaga. Khususnya dari paham dan tindakan intoleransi, anarkisme, radikalisme dan terorisme. Termasuk membangun solidaritas bangsa agar setara, aktif, lintas kultur, dan non-eksklusif. 

(bg/hn/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment