Bulog Komitmen Penuhi Kebutuhan Beras Masyarakat hingga Puasa dan Lebaran

20 February 2024 - 14:30 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi siap berkomitmen memenuhi kebutuhan beras masyarakat Indonesia hingga puasa Ramadan dan Lebaran 1445 Hijriah.

“Bulog memiliki ketersediaan stok beras yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya menjelang bulan puasa dan Lebaran,” ujar Dirut Bulog Bayu, Selasa (20/2/24).

Dirut Bulog Bayu menekankan saat ini pihaknya secara rutin menggelontorkan beras ke berbagai saluran distribusi, baik untuk Program Bantuan Pangan Beras maupun Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Stok beras Bulog saat ini mencapai 1,2 juta ton.

Baca Juga: Kapolres Grobogan Gelar Pengecekan Kesiapan dan Peralatan Dalmas Nusantara Polres Grobogan

Menurutnya, untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, selain menyalurkan bantuan pangan beras alokasi Februari dan persiapan alokasi Maret, Bulog terus mendorong distribusi beras ke berbagai saluran yang di antaranya ke Pasar Induk Cipinang, pasar tradisional bahkan ke outlet-outlet ritel modern.

“Jadi, ritel modern pun sudah mulai terpenuhi dalam seminggu terakhir ini, sehingga masyarakat tidak perlu kesulitan dalam mencari beras,” ujar Dirut Bulog Bayu.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengatakan pemerintah berkomitmen melakukan upaya-upaya untuk menghadirkan keseimbangan beras di pasaran, sehingga produsen dan konsumen menerima kebaikan dari kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.

“Kita berharap panen bulan Maret nanti bisa di atas 3 juta ton, kemungkinan di angka 3,5 juta ton, sehingga dapat menurunkan tension harga beras yang ada,” terang Kepala Arief.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment