BPBD DKI Pastikan Ketersediaan Air Bersih untuk Hadapi El Nino

16 August 2023 - 11:45 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memastikan ketersediaan air bersih untuk menghadapi El Nino.

Indonesia kini telah masuk ke musim kemarau dan diprediksi puncak potensi kekeringan terjadi pada Oktober-November 2023.

"Kami siapkan 67 unit mobil tangki, 46 unit tandon air, 9 unit Instalasi Pengolahan Air (IPA) stasioner, dan tujuh unit IPA mobile," ujar Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta Isnawa Adji kepada wartawan di Jakarta, Selasa (15/8/23).

Isnawa menuturkan kesiapan sarana dan prasarana pendukung ini merupakan kerja sama pihaknya dengan PAM Jaya, Dinas SDA, dan instansi terkait yang dikoordinasikan pada April 2023.

Baca Juga:  Kapolri Cup 2023 Cabor Voli, Cari Atlet Unggul Harumkan Indonesia

Dia pun mengingatkan kepada masyarakat untuk menghemat penggunaan air bersih sesuai kebutuhan, mengecek kondisi instalasi pipa di rumah apabila mengalami kebocoran, dan melakukan pengaturan untuk kegiatan penyiraman tanaman.

Selain itu, masyarakat diimbau rutin mengecek instalasi listrik secara mandiri, mematikan alat elektronik dan kompor apabila sedang bepergian.

"Jauhkan benda yang mudah terbakar dari sumber api, dan jangan membakar sampah secara sembarangan," jelas kepala pelaksana BPDB.

BPBD DKI mencatat sepanjang Januari-Juli 2023, telah terjadi kebakaran pada gedung atau permukiman sebanyak 356 kejadian. Mayoritas kebakaran terjadi akibat korsleting listrik yakni 256 kejadian dan kebocoran atau meledaknya tabung gas sebanyak 45 kejadian.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment