BMKG: Sebanyak 20 Wilayah Berpotensi Hujan Pada Hari Ini

8 June 2023 - 12:00 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com – Jakarta. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk hari ini, Kamis (8/6/23). BMKG memperkirakan, sebanyak 20 wilayah berpotensi hujan yang dapat disertai angin kencang dan petir.

Siklon Tropis Guchol terpantau di Laut Filipina sebelah Timur Filipina dengan kecepatan angin maksimum mencapai 40 knot (74 km/jam) dan tekanan udara 998.0 mb yang bergerak ke arah Barat Barat Laut menjauhi wilayah Indonesia.

Sistem ini menginduksi peningkatan kecepatan angin >25 knot (low level jet) dan membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Samudra Pasifik sebelah Timur Filipina.

Dilansir dari tribunnews.com, kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon tropis dan di sepanjang daerah low level jet/konvergensi tersebut.

Daerah Konvergensi terpantau memanjang dari Bengkulu hingga Sumatera Barat, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, dari Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Barat, dan di Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Labilitas Lokal Kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Baca Juga:  Polri Tunggu Hasil Penelusuran Dana Hasil TPPO

Wilayah yang berpotensi angin kencang adalah :

1. Nusa Tenggara Barat

2. Sulawesi Barat

Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah :

1. Aceh

2. Kep. Riau

3. Jawa Tengah

4. Yogyakarta

5. Jawa Timur

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah :

1. Sumatera Barat

2. Bengkulu

3. Jambi

4. Sumatera Selatan

5. Kep. Bangka Belitung

6. Lampung

7. Banten

8. Jawa Barat

9. Kalimantan Barat

10. Kalimantan Tengah

11. Kalimantan Utara

12. Kalimantan Timur

13. Maluku

14. Papua Barat

15. Papua

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment