Bertandang ke Puskesmas di Bogor, Presiden Jokowi Tinjau Pencegahan Stunting

11 June 2024 - 13:30 WIB
Source Foto: RRI

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana meninjau kegiatan upaya pencegahan stunting di Posyandu Wijaya Kusuma. Posyandu ini terletak di Kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Selasa (11/6/2024).

Dalam kunjungan ini, Presiden Jokowi didampingi sejumlah menteri terkait, di antaranya Menko PMK Muhadjir Effendy, Menkes Budi Gunadi Sadikin, dan Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin.

Saat tiba di posyandu, rombongan langsung meninjau rangkaian pemeriksaan fisik terhadap bayi dan balita yang hadir di sana.

Mulai dari pendaftaran hingga pengecekan kesehatan terhadap bayi dan balita yang hadir, seperti mengukur tinggi, berat badan, dan sejumlah pengecekan kesehatan lainnya.

Sebelumnya Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI, Dante Saksono berharap target penurunan angka stunting nasional bisa terwujud.

Menurutnya, pemerintah mencanangkan angka stunting nasional di bawah 14 persen pada 2024. Dan ia yakin upaya pemerintah salah satunya dengan melakukan intervensi stunting bisa berhasil.

Apalagi dalam menjalankan program tersebut pemerintah sudah melakukan sejumlah langkah. Mulai dari edukasi, persiapan termasuk infrastruktur dan prasarana.

Untuk infrastruktur dan prasarana bahkan pemerintah sudah membekali 300 ribu Posyandu se-Indonesia dengan antopometri. Yang merupakan alat ukur berat dan tinggi badan digital, di mana dengan alat tersebut diharapkan keluar hasil pengukuran akurat.

"Mudah-mudahan program pengukuran tinggi dan berat badan yang dilakukan serempak ini bisa menghasilkan data yang akurat. Kita bisa melakukan identifikasi lebih baik," ujar Menkes Budi Gunadi, Selasa (11/6/24).

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment