Berikut Beberapa Baju Adat Indonesia yang Populer Sampai Mancanegara

16 August 2022 - 17:08 WIB

Tribratanews.tribratanews.com - Indonesia memang terdiri dari beragam budaya, suku, ras, dan kebiasaan. Adapun salah satu dari identitas bangsa yang dimiliki Indonesia adalah baju adatnya. Baju adat yang bervariasi di Indonesia disebabkan karena suku dan budayanya yang beragam.

Setiap baju adat memiliki nilai-nilai dan makna tersendiri. Sehingga Banyak Beberapa Baju Adat Indonesia yang populer sampai mancanegara.

Berikut Beberapa Baju Adat Indonesia yang Populer Sampai Mancanegara :

1. Pakaian Adat Gorontalo

Gorontalo mempunyai pakaian adat yang biasa disebut dengan nama walimono, payungga, mukuta, dan bilu. Pakaian adat jenis mukuta dan walimono umumnya dipakai oleh pengantin pria, sedangkan pakaian adat biliu dan payungga dikenakan oleh pengantin wanita.

Menteri Sandiaga Uno, pernah menyerahkan cendera mata berupa baju adat Gorontalo kepada presiden World Tourism Forum Institute atau WTFI Mr. Bulut Bagci di acara GTF 2024 di Jakarta.

2. Baju Adat Jawa Tengah

Jawa tengah memiliki kekayaan budaya yang tercermin dari baju adatnya yang beraneka ragam. Surjan dan Jawi jangkep merupakan salah satu contoh baju adat pria yang sering digunakan bukan hanya oleh orang Indonesia melainkan orang asing pun pernah mencobanya. Bahkan, blankon pun pernah dipakai tokoh terkenal di dunia yaitu Bill Gates.

3. Baju Adat Bali

Bali adalah primadona pariwisata Indonesia yang juga kaya akan keindahan alamnya, seni dan budayanya yang unik termasuk baju adatnya. Pada ajang Miss Grand Internasional 2021, Perwakilan Indonesia tampil memukau dengan baju adat Bali.

4. Baju Adat Sumatera Selatan

Sumatera Selatan juga memiliki baju adat yang menarik sebagai identitas bangsa. Pada 2017 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan mengikuti pameran Internationale Tourismus-Borse Berlin (ITB) yang berlangsung di Masse, Jerman, pada 8-12 Maret 2017, untuk memperkenalkan budaya setempat.

Salah satu yang dipamerkan adalah baju adat kebanggaan Sumatera Selatan yang dikenakan Duta Pariwisata Sumatera Selatan Ratih Anggraini dan finalis Putri Sumatera Selatan 2014, Novi Triyastuti.

5. Baju Adat Papua

Pakaian adat yang ada di Papua banyak ragamnya. Pakaian adat Papua pernah tampil pada pembukaan Paralimpiade Tokyo 2020 di Olympic Stadium.

Kontingen Indonesia tampil dengan pakaian adat papua yang dimodifikasi dengan pakaian Sumatera, Bali, dan Kalimantan yang disebut dapat mewakili keindahan dan keragaman busana Indonesia.

Sumber : celebrities.id

Share this post

Sign in to leave a comment