Bawaslu Kembali Ingatkan Perbedaan Dalam Pemilu Tak Boleh Kalahkan Persaudaraan

17 November 2023 - 09:55 WIB
Dokumentasi Bawaslu

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengingatkan mengenai perbedaan pendapat dalam pemilu sebagai sebuah fenomena wajar. Oleh karenanya, ia berpesan agar perbedaan pendapat tersebut tidak memutus tali persaudaraan. 
 
“Kita sudah melewati berbagai pemilu, jadi kita punya pengalaman untuk berbeda pendapat. Nah dengan pengalaman itu maka teman-teman itu membuat acara seperti ini dan ini adalah sebuah bantuan yang juga support bagi pemilu kita yang sehat. Jadi pemilu sehat itu argumentasinya tetap jalan, namun tidak dengan mengutuk persaudaraan kita sebagai warga bangsa dan warga negara,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (16/11/23).

Baca Juga: Kapolda Bali Pimpin Upacara HUT Brimob Polri ke-78

Lebih lanjut ia menjelaskan, perbedaan pendapat yang kerap terjadi biasanya disebabkan oleh misinformasi yang tersebar di media sosial. Terutama, ketika misinformasi tersebut disebarkan secara terus-menerus, hal tersebut bisa dianggap menjadi kebenaran. 
 
Ia menjabarkan, Bawaslu telah menghadapi persoalan seperti itu sejak Pilkada 2018 DKI yang penyebaran disinformasinya sangat massif. Pada saat itu, tidak sedikit kasus disinformasi yang menyebabkan perselisihan bahkan sesama saudara.
 
Ditambahkannya, hal ini berlanjut pada Pemilu 2019 yang mana kasus serupa masih terjadi.

“Oleh sebab itu melawan misinformasi adalah tugas kita saat ini. Dan Bawaslu bersama kominfo sejak 2020 sudah menjalin kerja sama, dan sekarang akan membuat gugus tugas dan kita sudah berbicara tentang bagaimana menangani misinformasi yang ada,” jelasnya.


ay/hn/nm

Share this post

Sign in to leave a comment