Banjir Bandang Terjang Bondowoso : Puluhan Rumah, Sekolah dan Mushola Rusak

15 February 2023 - 13:00 WIB
cnnindonesia.com

Tribratanews.tribratanews.com - Bondowoso. Banjir bandang merendam Kecamatan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur, pada Minggu, (12/2/23). Permukiman warga di sejumlah desa dilaporkan rusak diterjang material kayu dan lumpur.

Kepala Pelaksana BPBD Jawa Timur Gatot Soebroto menjelaskan, ada dua desa terdampak banjir bandang, yakni Desa Sempol dan Desa Kalisat. Banjir terjadi karena hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Ijen. Sehingga banjir merendam kedua tersebut.

Baca juga : Unicef Tinjau Surabaya Jadi Kota Layak Anak Dunia

“Banjir disertai material lumpur, pasir serta ranting dan dahan pepohonan merendam 54 rumah di Desa Kalisat Dusun Kampung Baru dan 23 rumah di Dusun Sumberayu Rumah serta 2 rumah di Dusun Taman Kembar,” terangnya, Selasa (14/2/23). 

Selain itu, dua unit sekolah, satu kamar mandi umum rusak, dan satu musala juga mengalami kerusakan. Tidak ada korban jiwa. Untuk warga yang terdampak di Desa Kalisat, saat ini masih mengungsi di rumah sanak saudara.

Sementara di Desa Sempol sebanyak 16 rumah terdampak. Sebanyak 10 rumah di Dusun Sempol dan 6 rumah di Dusun Pesanggrahan. Kemudian dua rumah dan satu kantor KUA terdampak.

“Saat ini, petugas gabungan mulai membersihkan material di Jalan Raya Dusun Sempol II. Kami juga mendirikan posko pengungsian di sejumlah titik. Pos pelayanan kesehatan berada di Balai Desa Sempol," tutupnya.

(ek/af/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment