Amankan Ajang Tour de Bintan, Polda Kepri Kerahkan 285 Personil Gabungan

12 October 2022 - 15:21 WIB

Tribratanews.tribratanews.com - Riau. Kapolda Kepulauan Riau, Irjen. Pol. Dr. Aris Budiman Bulo, M.Si., meninjau kesiapan pengamanan menjelang kejuaraan balap sepeda Tour de Bintan yang akan berlangsung pada 14 hingga 16 Oktober 2022.

Kapolda Riau mengatakan, tidak hanya fokus ke pengamanan, hal lain seperti keselamatan perlu juga diperhatikan menjelang kejuaraan.

“Selain fokus ke pengamanan, kita juga harus memperhatikan faktor keselamatan seperti kesiapan ambulans, tenaga medis dan rumah sakit,” ungkap Jenderal bintang dua, Selasa (11/10/2022).

Selain itu pihaknya juga memperhatikan kesiapan sarana dan prasarana dari personil kepolisian di lokasi.

“Kesiapan sarana dan prasarana juga sangat penting seperti kendaraan bermotor yang digunakan, termasuk sterilisasi yang dilakukan oleh anggota Satuan Brimob di lokasi,” jelasnya.

Mantan Kepala STIK Lemdiklat Polri ini juga memerintahkan anggotanya untuk melakukan simulasi jika terjadi kecelakaan saat kejuaraan sudah dimulai.

“Simulasikan berapa lama upaya evakuasi dalam menyelamatkan korban. Namun hal baik nya adalah lakukan antisipasi sehingga hal yang tidak diinginkan tidak terjadi, bentuk juga tim gerak cepat yang tujuannya mengantisipasi situasi urgensi,” ungkap Kapolda Kepulauan Riau.

Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono menambahkan, nantinya sebanyak 285 personel disiapkan untuk pengaman Tour de Bintan. Dengan rincian jumlah 182 personel cadangan Polres Bintan 35 personel memegang telepon genggam untuk pertemuan daring secara langsung di posko, 71 personel Dinas Perhubungan, Polisi Pamong Praja 64, Brimob 31, TNI 15, personel sekuriti PT BRC 30 personel.

Jumlah perkuatan-perkuatan dari Polda Kepri terdiri dari 5 Ditlantas, Bid TIK 10 personel disediakan juga video tron 8×4, Bidhumas 5 personel mengawaki penyiaran satu suara Obvit sarpras beserta operator 8 personel.

“Kemudian nantinya akan ada 15 persimpangan disepanjang rute, diperkirakan peserta berjumlah 946 yang berasal dari 40 Negara terdiri dari 800 pria dan 146 wanita,” jelasnya.

(fa/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment